Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Agu 2017 12:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Momen Langka! Ayo Lihat Lukisan Koleksi Istana di Galeri Nasional

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Foto: Pameran lukisan Istana Keperesidenan di Galeri Nasional (Randy/detikTravel)
Foto: Pameran lukisan Istana Keperesidenan di Galeri Nasional (Randy/detikTravel)
Jakarta - Tak setiap saat traveler bisa melihat lukisan koleksi Istana Kepresidenan. Namun selama sebulan ini, traveler bisa melihatnya di Galeri Nasional. Momen langka!

Dalam rangka memperingati Kemerdekaan HUT RI ke-72 yang akan datang sebentar lagi, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) kembali menghadirkan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan RI di Galeri Nasional, Jakarta.

Diadakan untuk kedua kalinya, acara ini kembali terselenggara setelah melihat kesuksesan acara serupa tahun lalu. Senandung Ibu Pertiwi pun dipilih sebagai tema besar pameran tahun ini.

Dilihat dari situs resminya, tema itu merujuk pada tanah air yang menjadi tempat kelahiran dan berkarya. Yang ditampilkan pun adalah lukisan karya pelukis Indonesia dan sedikit dari luar negeri yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan.

Lukisan berformat LED karya pelukis RusiaLukisan berformat LED karya pelukis Rusia (Randy/detikTravel)
Ditotal, ada sekitar 41 pelukis yang lukisannya dipajang di Galeri Nasional. Sebut saja beberapa nama besar seperti Raden Saleh hingga Basoeki Abdullah, turut hadir di sini.

Berkunjung ke Galeri Nasional pada hari Sabtu (5/8/2017), detikTravel pun melihat langsung pameran ini. Setelah menyelesaikan proses registrasi dan menitipkan barang bawaan, barulah traveler bisa mulai melihat koleksi lukisan.

Mulai dari ruang depan, traveler sudah bisa melihat LED dari lukisan karya pelukis Rusia, Makovsky. Lukisan yang menjadi koleksi Istana Kepresidenan Bogor ini merupakan hadiah dari Presiden Nikita Khrushchev pada Presiden Soekarno, yang karena kondisinya rapuh tidak dapat dihadirkan secara langsung.

Tulisan kecil tentang kecintaan Soekarno pada seni (Randy/detikTravel)Tulisan kecil tentang kecintaan Soekarno pada seni (Randy/detikTravel)
Tentu bukan rahasia umum kalau Soekarno begitu menggilai seni, selain wanita tentunya. Dalam setiap kunjungannya ke negara lain, tak jarang ia mencari lukisan untuk dibawa pulang. Beberapa lukisan itu pun juga bisa dilihat di Galeri Nasional.

Namun tidak hanya pelukis kenamaan dari luar, Soekarno juga punya pelukis 'langganan' dari dalam negeri. Sebut saja Basoeki Abdullah yang karyanya juga banyak dipajang.

Total ada 48 lukisan yang dipajang di sini (Randy/detikTravel)Total ada 48 lukisan yang dipajang di sini (Randy/detikTravel)
Saking cintanya dengan seni, Soekarno juga disebut sebagai kepala negara dengan koleksi lukisan terbanyak di dunia. Diketahui, Soekarno mengoleksi 2.800 lukisan. Bahkan bisa dibilang, kalau mayoritas lukisan yang dipamerkan merupakan koleksi Soekarno.

Bagi kamu yang penasaran, tentu bisa datang langsung ke Galeri Nasional. Tentu ini adalah momen langka, mengingat sehari-hari koleksi lukisan ini hanya dipajang di dalam Istana Kepresidenan yang tertutup untuk umum.

Pameran ini pun berlangsung dari 2-30 Agustus 2017 dari pukul 10.00-20.00 WIB. Tidak dikenakan tiket masuk, tapi traveler harus mendaftar lebih dulu di sisi gedung sebelah kiri Galeri Nasional. (rdy/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED