Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Mar 2018 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Konon, Ini Bangunan Pertama yang Berdiri di Cirebon

Sudirman Wamad
detikTravel
Foto: Bangsal Witana, bangunan pertama di Cirebon (Sudirman/detikTravel)
Cirebon - Bangsal Witana di Keraton Kanoman Cirebon dipercaya sebagai bangunan pertama yang berdiri. Bangunan ini jadi bukti peradaban Cirebon berasal dari Dukuh Caruban.

Dukuh Caruban adalah perdukuhan pertama di tanah Cirebon. Dukuh Caruban merupakan cikal bakal peradaban Cirebon.

Salah satu bangunan yang menunjukkan bukti adanya Dukuh Caruban itu adalah Bangsal Witana. Lokasinya berada di lingkungan Keraton Kanoman Cirebon. Bangsal Witana merupakan bangunan pertama di Cirebon. Bangunannya terbuat dari kayu, berbentuk joglo.

Bangsal Witana itu kondisinya terbuka, memudahkan wisatawan untuk mengunjunginya. Lokasi Bangsal Witana persis berada di belakang Bangsal Jinem Keraton Kanoman Cirebon. Di depan Bangsal Witana terdapat kolam. Selain itu, ada bangunan berbentuk batu karang yang kokoh, yakni wadasan dan mega mendung.

Di samping Bangsal Witana, ada pohon yang dianggap sebagai salah satu pohon tertua di lingkungan Keraton Kanoman Cirebon. Di sebelah kiri Bangsal Witana ada sebuah sumur yang bernama Sumur Witana.

Juru Bicara Keraton Kanoman Cirebon Raja Ratu Arimbi Bangsal Witana rumah bangunan pertama yang ada di Cirebon, yang dibangun oleh Ki Danusela alias Ki Gedeng Alang-alang.

"Ki Gedeng Alang-alang membuka lahan di Tegal Alang-alang, tempat sekarang Bangsal Witana berada. Sekitar 1440 masehi, Dukuh Caruban mulai berdiri," kata Arimbi saat ditemui di Keraton Kanoman Cirebon, Rabu (7/3/2018).

Konon, Ini Bangunan Pertama yang Berdiri di CirebonFoto: Sudirman Wamad/detikTravel


Lebih lanjut, Arimbi mengatakan pembentukan Dukuh Caruban itu dibantu Pangeran Walangsungsang alias Pangeran Cakrbuana. Saat pertama menjadi perdukuhan, lanjutnya, Ki Gedeng Alang-alang memimpi, sedangkan Walangsungsang menjadi Pangraksabumi. Tahun demi tahun penduduk Dukuh Caruban mulai bertambah.

"Awalnya perdukuhan, karena masyarakat tambahnya berubah menjadi pakuwuan hingga menjadi Kaprabon Caruban, saat itu Ki Gedeng Alang-alang wafat dan Walangsungsan menggantikannya," tutur Arimbi.

Lebih lanjut, Arimbi mengatakan sebagai bangunan pertama di Cirebon Witana pun terus berkembang menyesuaikan perkembangan peradaban saat itu. Bukti bahwa Bangsal Witana sempat diperbarui, sambungnya, adanya ukiran dan candra sangkala yang berbunyi 'mungaling tatahan pramataning ratu'.

"Candra sangkala itu menunjukkan angka 1561 Saka atau 1639 masehi. Angka tersebut menunjukkan tahun renovasi Witana pada era Pangeran Mas Zainul Arifin Panembahan Ratu," ucapnya.

Konon, Ini Bangunan Pertama yang Berdiri di CirebonFoto: Sudirman Wamad/detikTravel


Arimbi juga mengatakan selain dijadikan sebagai tempat wisata edukasi sejarah bagi wisatawan, Bangsal Witana dijadikan sebagai salah satu tempat dalam memperingati hari jadi Kota Cirebon, yang diperingati setiap tanggal 1 Muharam. Bangsal Witana, sambungnya, memiliki fungsi sebagai tempat para sultan menimbah ilmu kebatinan dan beribadah.

"Witana itu berasal dari kata awit ana, yang artinya permulaan ada. Sehingga disebut sebagai bangunan pertama. Bangsal Witana dulunya digunakan sebagai tempat sultan untuk menimbah ilmu kebatinan," tambah Arimbi. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA