Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Mar 2018 16:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Indonesia! Pantai Sepanjang 3 Km yang Pasirnya Sehalus Tepung

Foto: Pantai Ngurbloat, pantai berpasir putih di Kepulauan Kei (Wahyu/detikTravel)
Langgur - Kepulauan Kei punya banyak pantai cantik untuk dikunjungi. Salah satunya Ngurbloat, pantai berpasir putih sehalus tepung yang membentang sejauh 3 km. Keren!

Kawasan Indonesia Timur memang terkenal dengan wisata pantainya yang masih perawan. Di Maluku Tenggara, tepatnya di Pulau Kei Kecil, ada Pantai Ngurbloat yang cantik betul. Pasir putihnya juga sehalus tepung terigu.

Pantai Ngurbloat terletak di Desa Ngilngof, sekitar 30 menit naik mobil dari pusat Kota Langgur, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. detikTravel berkunjung ke pantai cantik ini bersama dengan rombongan Press Tour Kemenpar, pekan lalu.

"Ngurbloat dalam bahasa Indonesia berarti pantai pasir panjang. Panjangnya 3 kilometer, dan ada di wilayah Desa Ngilngof," tutur Budhi Toffi, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara yang menemani rombongan detikTravel, Kamis (15/3/2018).

Pasirnya sehalus tepung terigu (Wahyu/detikTravel)Pasirnya sehalus tepung terigu (Wahyu/detikTravel)


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pantai Ngurbloat ini memiliki pasir pantai dengan karakter seperti tepung terigu. Butirannya halus banget. Jika digenggam dengan tangan, pasirnya akan dengan mudah lolos saking halusnya.

Kawasan Pantai Ngurbloat sendiri sudah tertata dengan baik. Ada gazebo-gazebo kayu yang bisa digunakan traveler untuk beristirahat. Warung yang menyediakan makanan dan minuman juga sudah tersedia. Tidak perlu khawatir kelaparan kalau main ke pantai ini.

Gazebo tempat traveler bisa beristirahat (Wahyu/detikTravel)Gazebo tempat traveler bisa beristirahat (Wahyu/detikTravel)


Selain pantai berpasir putih, daya tarik lain dari Ngurbloat adalah wisata alam bawah lautnya yang cantik banget. Traveler bisa diving dan snorkeling di sekitar pantai.

"400 meter ke depan sudah bisa diving. Cliff karangnya masih bagus. Daerah sekitar sini memang hamparan karang semua. Di depan pantai juga ada pulau-pulau cantik, namanya kawasan Pulau 10. Ada Pulau Nai, Witir, Lik dan Pulau Lei," imbuh Budhi.

Traveler berjalan-jalan di Ngurbloat (Wahyu/detikTravel)Traveler berjalan-jalan di Ngurbloat (Wahyu/detikTravel)


Tak jauh dari Ngurbloat, ada juga Pantai Ngurtavur. Buat traveler yang belum tahu, Ngurtavur adalah pantai (semacam pasir timbul) yang memanjang sejauh 2 kilometer ke arah lautan lepas.

Sayang, cuaca saat detikTravel berkunjung sedang tidak bersahabat. Hujan gerimis dan mendung menggelayut membuat kami tidak bisa mampir ke Ngurtavur. Ombak besar menghalangi kami. Tapi nggak papa, mungkin lain kali bisa sampai ke Ngurtavur.

Untuk masuk ke Pantai Ngurtavur, dikenakan tiket sebesar Rp 20 ribu per mobil. Sedangkan untuk motor, Rp 5.000. Buat traveler yang mau main ke Ngurbloat, simak cara buat ke sini di bawah ini ya:

Cara ke sini:

Traveler bisa naik angkutan umum ke Pantai Ngurbloat. Naik angkotnya dari Pasar Langgur. Ongkosnya per orang Rp 5.000. Nanti berhenti di gapura bertuliskan Ngurbloat, selanjutnya bisa jalan kaki sampai ke pantai.

Atau, kalau traveler mau sewa mobil seharian juga bisa. Harga sewanya Rp 600 ribu, sudah termasuk bensin dan sopir. Lebih hemat kalau bareng dengan rombongan teman, jadi bisa patungan. Selamat mencoba liburan di Kepulauan Kei! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA