Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Mei 2018 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Geopark Ciletuh, Bukti Munculnya Pulau Jawa

Afif Farhan
detikTravel
Geopark Ciletuh punya air terjun, perbukitan dan hutan (Rahmaliza/dTraveler)
Geopark Ciletuh punya air terjun, perbukitan dan hutan (Rahmaliza/d'Traveler)
Sukabumi - Selain Rinjani, Ciletuh juga diakui UNESCO sebagai UNESCO Global Geopark. Mari mengenal Geopark Ciletuh lebih dekat, bukti munculnya Pulau Jawa ini.

UNESCO baru saja mengakui 13 geopark baru sebagai UNESCO Global Geopark. 2 Dari Indonesia, adalah Geopark Rinjani di NTB dan Geopark Ciletuh di Jawa Barat. Tentu, ini jadi kabar gembira bagi dunia pariwisata Indonesia.

"Iya, kita bareng Geopark Rinjani diakui UNESCO Global Geopark pada April kemarin," kata General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Dana Budiman kepada detikTravel, Rabu (2/5/2018).

Apa yang membuat Geopark Ciletuh menjadi UNESCO Global Geopark?

"Kita memiliki geologi heritage dengan outstanding yang kuat. Ciletuh ini adalah bukti awal munculnya Pulau Jawa, karena di sinilah terjadinya tumpukan lempeng samudera dan benua pada 60 juta tahun yang lalu. Tumpukan itu terus berproses dampai muncul ke permukaan dan menjadi Pulau Jawa," papar Budiman.

Mengenal Geopark Ciletuh, Bukti Munculnya Pulau JawaSudut-sudut Ciletuh (Irpan Rispandi/d'Traveler)


"Bukti-bukti itu awal pembentukan Pulau Jawa itu ada di Teluk Ciletuh di pinggir-pinggir pantainya, berupa batu-batuan. itu batu-batunya dari dasar samudera," tambahnya.

Budiman menjelaskan, Geopark Ciletuh masuk dalam 8 kecamatan di Sukabumi, Jawa Barat. Ada banyak potensi wisata di Ciletuh yang menarik dari segi sejarah dan edukasi.

"Kita punya culture di Kampung Adat Ciptagelar, biodiversity, kawasan konservasi, rafflesia patma, penyu dan lainnya. Luas Geopark Ciletuh sekitar 126 ribu hektar," terang Budiman.

BACA JUGA: Bangga! Indonesia Kini Punya 4 UNESCO Global Geopark

Lanskap alam menjadi suguhan utama untuk wisatawan. Jika mencari gambar Ciletuh di internet, maka banyak foto-foto air terjun. Terang saja, ada sekitar 13 air terjun di sana.

Mengenal Geopark Ciletuh, Bukti Munculnya Pulau JawaAir terjun di Geopark Ciletuh (Mukhlis Dinillah/detikTravel)


"Ciletuh mempunyai amphitheater bentang alam semacam bukit yang ambruk. Dari situlah aliran sungainya patah sehingga menjadi air terjun," kata Budiman.

Ke depannya, Budiman menjelaskan akan mengembangkan Geopark Ciletuh sebagai destinasi kelas dunia. Pihaknya akan menata geo site, termasuk bakal ada pembangunan hotel tapi di kawasan Pelabuhan Ratu. Kelestarian alamnya bakal tetap terjaga dengan baik.

"Dari Januari sampai April sudah 60 ribuan wisatawan yang datang ke Ciletuh, tapi itu wisatawan domestik ya. Masih belum banyak turis mancanegara, maka dari itu kita mau mengembangkan standar pariwisatanya dengan standar dunia," tutup Budiman.

BACA JUGA: Saat Bos Go-Jek Naik Go-Jek.. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED