Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Mei 2018 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kalau Wakanda Ada di Indonesia...

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Savana di Taman Nasional Baluran (Baluran National Park)
Savana di Taman Nasional Baluran (Baluran National Park)
Lombok - Wakanda, rumahnya Black Panther memiliki padang savana hijau nan cantik. Ternyata di Indonesia juga ada daratan seperti itu lho. Penasaran di mana?

Dalam film produksi Marvel terbaru, The Avengers Infinity War, terdapat adegan perang dengan pasukan Thanos di sebuah padang savana di Wakanda. Tahukah traveler, padang savana hijau nan cantik seperti itu juga ada di Indonesia?

Dikumpulkan detikTravel, Senin (7/5/2018) Indonesia memiliki padang savana yang menyerupai Wakanda lho. Nggak hanya satu, tapi ada empat padang savana.

1. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

 (Baluran National Park) (Baluran National Park)

Taman Nasional Baluran berada di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sebanyak 40 persen dari wilayah taman nasional ini berupa padang savana. Beragam jenis satwa herbovora hidup di sini, seperti kerbau, kijang, dan rusa. Selain itu, ada pula banteng, kucing hutan, hingga macan tutul.

Taman nasional ini juga punya beragam vegetasi seperti hutan bakau, hutan rawa, hingga hutan hujan tropis. Namun, padang savana lebih mendominasi taman nasional seluas 250 kilometer persegi.

Traveler perlu tahu nih, Taman Nasional Baluran memiliki julukan 'Africa van Java' karena kawasannya benar-benar mirip padang savana di Afrika. Mirip kan sama Wakanda?

2. Savana Cikasur

Padang savana ini berada di Gunung Argopuro, Situbondo, Jawa Timur. Selain memiliki trek terpanjang di Indonesia Gunung Argopura terkenal dengan pemandangan indah dan padang savananya.

 (udinpenyok/Instagram) (udinpenyok/Instagram)


Padang savana yang terhampar luas ini adalah pengobat lelah bagi para pendaki gunung. Ilalang yang tumbuh disaat musim hujan berubah menjadi gradasi hijau tua dan hijau muda yang sangat cantik dipandang mata. Kumpulan ilalang itu lalu menguning ketika musim kemarau tiba. Cantik!

BACA JUGA: Taman Nasional Ini Muncul di 'Avengers: Infinity War'?


3. Savana Oro-oro Ombo

Padang savana ini berada di Gunung Semeru, Jawa Timur. Kalau warga lokal menyebutnya Oro-oro Ombo, yang memiliki arti 'padang rumput yang luas'. Memang savana ini sangat luas, mencapai 100 hektar lho!

 (Yudith/ dTraveler) (Yudith/ dTraveler)


Kawasan savana ditumbuhi oleh pohon pinus yang berjajar subur. Juga terdapat kawasan berupa hamparan ilalang hijau yang menyejukan mata disaat pagi hari. Kalau kata pendaki mah, Oro-oro Ombo adalah tempat menenangkan diri yang semaput karena banyak pikiran.

4. Savana Sembalun di Gunung Rinjani, Lombok

(uluq/ Instagram)(uluq/ Instagram)

Traveler yang pernah mendaki Gunung Rinjani, pasti tidak asing dengan padang savana ini. Hamparan alam sepanjang 6 Km ini berada di jalur Sembalun yang terletak di arah timur Rinjani.

Saat cuaca cerah, padang savana nan hijau ini seperti halaman rumah teletubies. Memang tidak ada pohon untuk berteduh, namun memandangnya saja sudah membuat hati dan pikiran menjadi sejuk.

BACA JUGA: Mengenal Coney Island, Celetukannya Iron Man ke Spider-Man



(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED