Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 22 Jul 2018 18:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Takjub dengan Lembah Karst Rammang-rammang, Makin Hits Pula

Moehammad Bakrie
detikTravel
Transportasi menggunakan perahu jenis jolloro di karst Rammang-rammang di Maros (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Transportasi menggunakan perahu jenis jolloro di karst Rammang-rammang di Maros (Moehammad Bakrie/detikTravel)
Maros - Pesona karst yang ada di Rammang-rammang seolah tidak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Kawasan kapur atau karst terbesar kedua dunia ini semakin hits.

Dengan menggunakan perahu jenis jolloro, traveler akan dimanjakan dengan pesona gugusan karst melalui aliran sungai. Karst Rammang-ramang terletak di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan.

Saat berkunjung ke destenasi wisata ini, memang seolah wajib rasanya menjajal perahu jolloro yang disiapkan warga. Traveler bisa memulai penelusuran di dermaga satu ataupun ke dermaga dua menuju jantung Rammang-rammang yang ada di Kampung Berua atau Dermaga Tiga.

Jarak antara dermaga satu ke dermaga dua, sekitar 3 kilometer. Sementara dari dermaga 2 ke tiga, sekitar 2 kilometer. Di setiap lintasan, ragam pemandangan akan membuat mata traveler takjub. Betapa tidak, gugusan karst yang seolah menjadi benteng pertahanan, menjulang dari balik pepohonan yang berbaris rapi di sepanjang sungai.



Takjub dengan Lembah Karst Rammang-rammang, Makin Hits PulaRammang-rammang yang masih tetap terjaga keasriannya (Moehammad Bakrie/detikTravel)


"Salah satu ikon Rammang-rammang memang perahu jolloro, jadi tidak sah rasanya kalau ke sini tidak naik perahu ke Kampung Berua. Pemandangan yang paling memukau itu yah bentangan karst dari balik pohon nipa di pinggir sungai," kata seorang traveler asal Jakarta, Linda, Minggu (21/7/2018).

Dari dermaga 1 ke dermaga 2, pengunjung boleh mampir di areal hutan batu karst yang bersusun bagaikan candi. Di sini traveler bisa berfoto dengan latar belakang batu karst hitam yang saling menumpuk dan menjulang dari atas hamparan persawahan warga. Selain itu, traveler juga bisa singgah mengisi perut dari aneka panganan yang dijual di beberapa kafe unik.

Setelah puas, traveler bisa kembali melanjutkan perjalanan dari dermaga dua ke dermaga tiga. Di tengah perjalanan, traveler bisa mampir di sebuah telaga kecil yang diapit oleh bebatuan karst. Orang sekitar menyebutnya telaga bidadari. Di telaga kecil ini, traveler juga bisa mandi karena airnya sangat jernih dan tawar.

Jika sudah puas, traveler melanjutkan perjalanan ke dermaga tiga atau yang disebut kampung Berua. Di sini, ada beberapa objek yang bisa didatangi, mulai dari Gua Kingkong, Gua Berlian, dan Padang Ammarrung. Untuk sampai ke setiap objek, traveler harus berjalan kaki melewati pematang empang dan sawah warga di Kampung Berua.

Takjub dengan Lembah Karst Rammang-rammang, Makin Hits PulaTraveler mancanegara di Rammang-rammang (Moehammad Bakrie/detikTravel)




"Jantung objek wisata Rammang-Rammang ini memang ada di kampung Berua. Di kampung ini luar biasa, semua masih sangat asri, lingkungannya dan juga masyarakatnya. Di sini tuh kita berada di dalam sebuah benteng besar yanh dikelilingi oleh gugusan karst yang menjulang," lanjut Linda.

Saat malam hari, mata traveler kembali dibuat takjub dengan ribuan kunang-kunang yang beterbangan di sepanjang aliran sungai. Jika tidak mendung, dari atas perahu, traveler juga bisa menikmati pemandangan rasi bintang yang terasa begitu dekat jika berada di kawasan wisata ini.

"Malam hari luar biasa yah. Banyak kunang-kunang yang beterbangan di aliran sungai, sangat indah sekali. Belum lagi pemadangan rasi bintang di langit yang sepertinya sangat dekat dengan kita, membuat takjub," sebut Linda.

Untuk sekali trip di sungai ini, traveler hanya menyewa perahu dari dermaga satu ke tiga seharga Rp 250 ribu pulang pergi. Satu perahu, bisa diisi 8 orang, jadi biayanya lumayan murah. Untuk keamanan, setiap perahu telah dilengkapi dengan pelampung untuk para pengunjung. (msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED