Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Agu 2018 10:51 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gedung Bersejarah di Rengasdengklok yang Kini Merana

Luthfiana Awaluddin
detikTravel
Kondisi Gedung Kawedanan Rengasdengklok yang memprihatinkan (Luthfiana/detikTravel)
Kondisi Gedung Kawedanan Rengasdengklok yang memprihatinkan (Luthfiana/detikTravel)
Karawang - Di balik meriahnya HUT ke-73 RI, ada potret miris bangunan bersejarah di Rengasdengklok yang merana. Inilah Gedung Kawedanan yang kondisinya memprihatinkan.

Sejumlah bangunan bersejarah di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat tak dirawat oleh pemerintah setempat. Bangunan bersejarah tersebut nampak memprihatinkan. Bahkan rusak tak terurus.

Forum Pemuda Rengasdengklok mencatat, setidaknya ada 4 bangunan bersejarah yang kondisinya rusak. Di antaranya adalah Gedung Kewedanaan Rengasdengklok, Gedung Jangkung bekas markas PETA, gedung penyimpanan beras bekas logistik PETA dan sekolah bersejarah.

"Yang paling parah adalah Gedung Kewedanaan Rengasdengklok," kata Husein Sinatria Galuh dari Forum Pemuda Rengasdengklok, saat ditemui detikTravel, Jumat (17/8/2018).

Gedung Bersejarah di Rengasdengklok yang Kini MeranaKondisinya memprihatinkan (Lutfiana/detikTravel)

Padahal, ucap Husein, bangunan bersejarah yang berdiri pada 1920-an itu merupakan tempat pertama pengibaran Bendera Merah Putih pada sehari sebelum upacara Proklamasi 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta.

Alhasil sejak 2014 lalu, ia dan beberapa komunitas di Rengasdengklok dan Karawang rutin membersihkan gedung yang terletak di Jalan Proklamasi itu.

"Kondisinya sangat parah, beberapa daun pintu sudah hilang dicuri. Dinding gedung juga dipenuhi coretan vandal. Karena itu kita kerja bakti dan membenahi semuanya," kata Husein.

"Bahkan gedung ini sempat jadi tempat maksiat. Kami menemukan bekas botol miras, bekas alat kontrasepsi dan semacamnya," kata Asep Yusuf Sopandi, Ketua Pemuda Pancamarga Rengasdengklok saat ditemui di tempat yang sama.

Gedung Bersejarah di Rengasdengklok yang Kini MeranaSering jadi tempat maksiat (Lutfiana/detikTravel)

Untuk menyambung kegiatan, Husein dan sejumlah komunitas rutin mengadakan acara di gedung itu. Seperti pada perayaan kemerdekaan RI ke-73 saat ini.

Sejak kemarin (16/8), pemuda Karawang menggelar pameran foto bersejarah, penandatanganan petisi hingga pengumpulan donasi.

"Kami juga mendesak pemerintah untuk peduli pada gedung ini. Kita berupaya menjadikan gedung ini sebagai cagar budaya," tegas Husein.

Gedung Bersejarah di Rengasdengklok yang Kini MeranaSejumlah acara diadakan di gedung ini (Lutfiana/detikTravel)

Sejarawan Universitas Padjadjaran Widyo Nugrahanto berpendapat, Gedung Kewedanaan Rengasdengklok sudah selaiknya jadi bangunan cagar budaya.

"Harusnya jadi bangunan cagar budaya agar terawat karena menjadi saksi bisu perjalanan bangsa Indonesia," kata Anto saat dihubungi detikTravel.

"Bangunan itu kan monumen bersejarah bagi bangsa Indonesia jadi harusnya Pemda merawatnya. Kalau pemda nggak bisa merawat ya harus dialihkan keperawatannya pada pemerintah pusat," tutup Anto.


Simak Juga '19 Daftar Lokasi dan Bangunan Bersejarah Baru di UNESCO':

[Gambas:Video 20detik]

(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED