Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Okt 2018 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Jembatan Ikon Palu yang Hancur Diterjang Gempa dan Tsunami

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Afif Farhan/detikTravel)
Foto: (Afif Farhan/detikTravel)
Palu - Jembatan Kuning Ponulele di Palu, Sulawesi Tengah hancur akibat gempa dan tsunami. Jembatan ini sudah jadi ikon Palu dan tempat wisatawan foto-foto.

Gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Donggala dan disusul tsunami di Palu pada Jumat (28/9) kemarin. Ratusan korban jiwa meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka. Beberapa bangunan hancur di Palu, termasuk beberapa objek wisata.

BACA JUGA: Mengenal Masjid Terapung di Palu yang Roboh Akibat Tsunami

Salah satunya adalah Jembatan Kuning Ponulele. Dikenal juga dengan nama Jembatan Empat, merupakan ikon Palu dan tempat hunting foto bagi wisatawan. detikTravel beberapa kali sempat mengunjungi jembatan ini.

Jembatan Kuning Ponulele (Afif Farhan/detikTravel)Jembatan Kuning Ponulele (Afif Farhan/detikTravel)


Jembatan Kuning Ponulele berada di Kota Palu. Jembatan ini membentang sepanjang 250 meter dan berada di atas Teluk Talise. Jembatannya menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua, roda empat, atau dilalui dengan berjalan kaki.

Jembatannya yang terlihat cantik saat malam hari (Afif Farhan/detikTravel)Jembatannya yang terlihat cantik saat malam hari (Afif Farhan/detikTravel)


Warna jembatannya kuning, begitu ngejereng. Paling asyik didatangi malam hari, saat jembatannya bermandikan cahaya lampu. Tak sedikit wisatawan atau masyarakat setempatnya juga menyebut jembatan ini dengan nama Jembatan McDonald's. Sebab, jembatannya memang mirip dengan logo McDonald's yang membentuk huruf 'M'.

BACA JUGA: Ini Objek Wisata yang Terdampak Tsunami Palu


Tonton juga 'Pusat Informasi Tsunami Palu Ada di Jakarta, Surabaya dan Makassar':

[Gambas:Video 20detik]


Jembatan Kuning Ponulele diresmikan pada bulan Mei 2006 silam oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Asyiknya, di pinggiran jembatan disediakan trotoar untuk pejalan kaki yang bersih dan nyaman. Bisa memotret lanskap lautan sampai puas.

Jembatannya yang menghubungkan menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat (Afif Farhan/detikTravel)Jembatannya yang menghubungkan menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat (Afif Farhan/detikTravel)


Gempa dan tsunami yang mengguncang Palu pun meluluhlantahkan jembatan ini. Banyak wisatawan yang turut bersimpati, karena juga banyak objek wisata lain di Palu yang turut hancur seperti masjid terapung.

Pemerintah terus memberikan bantuan kepada masyarakat Palu dan Donggala. Semoga saudara-saudara kita di Palu tetap kuat dan tabah.

(aff/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA