Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Des 2018 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cuma 2 di Dunia, Ini Gereja Merah Kebanggaan Probolinggo

M Rofiq
detikTravel
Gereja Merah Probolinggo (M rofiq/detikTravel)
Gereja Merah Probolinggo (M rofiq/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Probolinggo - Liburan Natal dan akhir tahun ke Probolinggo, ada banyak destinasi unik. Ada gereja merah yang hanya dua di dunia lho!

Bagi traveler Nasrani, gereja di jalan Suroyo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo ini rasanya pas untuk dijadikan tujuan wisata religi saat liburan Natal.

Selain usia bangunannya yang cukup lama, dari masa penjajahan Belanda, desain arsitektur gereja ini cukup menarik dan berbeda dengan gereja lainnya.

Warga Kota Probolinggo menamai gereja satu ini, dengan sebutan Gereja Merah . Ya, dijuluki gereja merah karena nyaris seluruh bagian bangunan dicat dengan warna merah.

Gereja merah di Kota Probolinggo ini, sudah dibangun sekitar tahun 1863 lalu. Setahun sebelumnya material bangunan didatangkan langsung dari Jerman.

Cuma 2 di Dunia, Ini Gereja Merah Kebanggaan ProbolinggoGereja Merah tampak depan (M Rofiq/detikTravel)


Salah satu pendeta Gereja Merah, Ripka Atalaka menyebut, keunikan gereja merah terletak pada konstruksi bangunannya yang menggunakan sistem Knock Down atau bongkar pasang.

"Dulu konstruksi bangunan gereja ini, sengaja dipesan dari Jerman oleh negara Belanda, dengan biaya sekitar 15 ribu gulden. Dan gereja ini, hanya ada dua di dunia, 1 di Den Haag Belanda dan satunya ya di sini, Pak," terang Ripka.

Seiring perkembangan jaman, Ripka menyebut, sebutan Gereja Merah kemudian berganti nama Gereja Immanuel.

Ripka menjelaskan, meski sudah berusia hampir ratusan tahun, namun keberadaan Gereja Merah tetap digunakan sebagai tempat peribadatan, dan menggelar perayaan hari-hari besar agama Kristen seperti Natal dan hari besar umat Nasrani lainnya.

"Kalau pas Natal, ya kita selalu gunakan untuk ibadah. Selain itu jika sudah mendekati Natal ramai warga lokal maupun luar daerah beragama Nasrani, mengunjungi gereja ini sebagai lokasi wisata religi, Pak," paparnya.

Cuma 2 di Dunia, Ini Gereja Merah Kebanggaan ProbolinggoGereja merah dari kejauhan (M Rofiq/detikTravel)


Seperti yang dilakukan Lutfiana (23), warga asal Surabaya. Lutfiana mengaku, sengaja datang ke Kota Probolinggo, hanya untuk melihat keberadaan Gereja Merah secara langsung.

Diungkapkan Lutfiana, jika Gereja Merah bentuknya memang unik dan bisa dikatakan bersejarah dan masuk cagar budaya, karena bentuk bangunannya yang masih asli.

"Bagus Pak bentuknya unik, apalagi cuman ada 2 di dunia katanya, jadi mesti perlu dilestarikan bangunan dan terus dijaga," ujarnya.

Meski keberadaan gereja merah tergolong langka, namun untuk masuk ke areal gereja ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Pemerintah Kota Probolinggo, menjadikan Gereja Merah sebagai cagar budaya yang dimiliki Kota Probolinggo. Tiap musim liburan selalu banyak datang warga Belanda menaiki kapal pesiar untuk berkunjung melihat gereja ini.

Cuma 2 di Dunia, Ini Gereja Merah Kebanggaan Probolinggo Cuma ada 2 di dunia (M Rofiq/detikTravel)
(wsw/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED