Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Des 2018 13:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Jembatan Pelangi yang Instagramable di Ciamis

Dadang Hermansyah
detikTravel
Jalan Pelangi di Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Jalan Pelangi di Kabupaten Ciamis (Dadang Hermansyah/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Ciamis - Banyak destinasi instagramable di Ciamis, salah satunya Jembatan Pelangi. Kalau liburan akhir tahun di Ciamis, traveler wajib berkunjung ke sana.

Ciamis punya jembatan yang sedang hits dan instagramable. Orang menyebutnya sebagai Jembatan Pelangi (JP) yang bentuknya melengkung seperti pelangi, indah dan berwarna-warni.

Jalan Pelangi atau Jembatan Pelangi itu terletak di Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Ini merupakan akses masyarakat untuk pergi ke ladang dan menuju Situs Gandoang.

Sepintas seperti jalan kip biasa. Namun diberi pagar pembatas lalu dicat warna-warni sehingga terlihat indah dan kekinian. Yang jadi daya tarik, jalan tersebut berada di antara area persawahan dan kebun. Dari kejauhan terlihat pemandangan Gunung Sawal yang menjulang tinggi. Sehingga bisa jadi spot foto yang indah untuk menghiasi album di medsos.

Pagar pembatasnya dicat warna-warni (Dadang Hermansyah/detikTravel)Pagar pembatasnya dicat warna-warni (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Jembatan Pelangi selalu ramai oleh masyarakat terutama anak muda pada sore hari. Di sana mereka nongkrong dan berfoto ria. JP pun menjadi pilihan tempat wisata yang terjangkau.

"Hampir setiap sore di sini selalu ramai, ada yang nongkrong, foto-foto, juga suka banyak yang jualan. Sebelumnya jalan ini hanya pematang sawah. Sekarang jadi indah sehingga jadi ramai diperbincangkan," ujar Aprilia Nurliah pelajar SMP Negeri 1 Cikoneng saat sedang berfoto bersama temannya di Jalan Pelangi, Kamis (13/12/2018).

BACA JUGA: Obat Stress dari Ciamis: Wisata Rock Balancing

Pengunjung bernama Rahma Kamila juga mengaku pada sore hari sering mengunjungi Jembatan Pelangi tersebut bersama teman-temannya.

"Mending di sini, buat refreshing juga bisa karena di area sawah, bisa lihat Gunung Sawal dan anginnya cukup besar seperti di pantai," katanya.

Wisatawan asyik berfoto (Dadang Hermansyah/detikTravel)Wisatawan asyik berfoto (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Nah, JP dibangun oleh Pemkab Ciamis sebagai upaya penataan kawasan pemukiman kumuh dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Pemkab Ciamis telah menetapkan ada 14 kawasan kumuh. Salah satunya di Desa Wanasigra yang telah dibangun Jembatan Pelangi.

"Untuk tahun 2018 ini ada 9 kawasan kumuh yang mendapatkan bantuan program Kotaku, nilainya variatif mulai Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar," ukar Kepala Satker Penataan Infrastruktur Pemukiman (PIP) Ciamis Tino Armyanto.

Dikatakan Tino, pelaksanaan pembangunan program ini dilakukan oleh BKM di masing-masing desa dengan melibatkan swadaya masyarakat.

"Salah satu kawasan kumuh yang kini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu di Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih. Dengan bantuan program tersebut, di wilayah ini telah berhasil membangun jalan lingkar desa yang juga dimanfaatkan warga untuk rekreasi," katanya.

Hal itu tercipta berkat sentuhan kreativitas pelaksana dan masyarakat, pembangunan jalan tersebut telah menjadi daya tarik dan menghidupkan kawasan kumuh tersebut.

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel)



Tonton juga 'Situgunung, Spot Instagramable Baru di Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]


(rdy/krn)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA