Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Des 2018 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Paket Wisata Alam Lengkap Buat Liburan di Sulawesi Selatan

Foto: Tana Toraja (Melissa Bonauli/detikTravel)
Foto: Tana Toraja (Melissa Bonauli/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Makassar - Masyarakat sudah mulai menikmati liburan akhir tahun. Tak ada salahnya menghabiskan waktu liburanmu di Sulawesi Selatan karena wisata alamnya lengkap!

Ada berbagai macam tipe liburan yang bisa kalian lakukan di Sulsel. Bagi yang yang ingin liburan bertema pantai, sudah pasti Sulsel memilikinya, atau hendak liburan ke daerah pegunungan juga ada dan sekalian wisata kulineran di Kota Makssar. Berikut destanasi wisata yang ada di Sulsel:

1. Tana Toraja

Ini Paket Wisata Alam Lengkap Buat Liburan di Sulawesi SelatanFoto: Tana Toraja (Dok. Kemenpar)


Kabupaten Tana Toraja di Sulsel pastinya akan tetap menjadi salah satu opsi untuk berlibur kala berkunjung ke Tana Toraja. Destinasi wisata di kota Tanah Para Raja ini yang berjarak 7 jam dari Kota Makassar ini pun bermacam-macam.

Wisatawan tinggal memilih saja, kemana akan menghabiskan malam pergantian tahun di Tana Toraja seperti Negeri di Atas Awan. menggunjungi makam di daerah Londa atau melihat lebih dekat cara membuat kopi khas Toraja. Semua acara ini terangkum dalam agenda Loveley Desember.

"Lovely Desember menjadi menu wajib untuk disambangi. Apalagi saat ini juga ada Kemilau Toraja, yang merupakan penggabungan event tahunan Lovely Desember yang selama ini menjadi atraksi andalan Tana Toraja. Event ini menggabungkan kekuatan seni budaya Tana Toraja dengan nama besar Lovely Desember. Dijamin acaranya makin paten," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam keterangannya.

Bahkan Puncak acara Lovely Desember ini akan berlangsung di pusat Kota Makale dengan menampilkan kesenian rakyat dan jajanan warga setempat.

"Puncak acara akan digelar pada 28 Desember 2018 di Taman Rakyat Kolam Makale. Acara ini akan dibarengi oleh Natal Oikumene," timpal Ketua CoE Kemenpar, Esthy Reko Astuty.

2. Pantai Tanjung Bira di Bulukumba

Jika wisatawan lebih menyukai melihat air laut atau bermain di pasir putih, maka Pantai Bira, di kabupaten Bulukumba adalah salah satu pilihan yang tepat untuk didatangi. Kabupaten Bulukumba berjarak sekitar 5 jam dengan jalur darat dari Kota Makassar.

Pemandangan di wilayah ini tidak kalah menarik dengan yang ada di Bali. Wisatawan dapat mengeksplorasi berbagai lokasi-lokasi lainnya di sekitar pantai ini dan tentunya sangat instagramable buat kalian.

Ini Paket Wisata Alam Lengkap Buat Liburan di Sulawesi SelatanFoto: Snorkeling di Tanjung Bira (Katia Shiffana/d'Traveler)


Banyak penginapan yang menawarkan tempat tinggal yang langsung berhadapan dengan pantai, Jika bangun pagi hendak langsung berenang di pinggi pantai, maka Tanjung Bira menawarkan pengalaman dan sensasi seperti ini, termasuk melakukan snorkling di pinggiran pantai.

Tidak hanya itu, masih berkedekatan dengan Tanjung Bira, wisatawan masih dapat melihat tradisi pembuatan kapal phinisi yang terkenal itu. Di dekat Bira, masih Pantai Pussahelu dan pantai lainnya masih masih 'perawan' menunggu untuk dijelahi, seperti tebing Apparalang,

3. Pantai Losari

Pantai Losari berada di Kota Makassar. Bisa dikatakan wilayah ini akan tetap menjadi puncak perayaan tahun baru warga kota seperti tahun-tahun sebelumnya. Pesta kembang api dan pesta kesenian serta jajanan rakyat pastinya tetap akan menjadi andalan di tempat ini.

Tidak jauh dari Pantai Losari, ada juga benteng Rotterdam dan pusat jajanan oleh-oleh khas kota Makassar. Sambil menunggu malam pergantian tahun, wisatawan dapat berkeliling dengan berjalan kaki ke lokasi-lokasi ini.

4. Bantimurung dan Rammang-rammang

Bagi wisatawan yang hendak menikmati bunyi air terjun yang jatuh disertai udara yang segar, tidak ada salahnya berkujung ke Bantimurung di Kabupaten Maros. Lokasinya sangat dekat dari Kota Makassar, hanya berjarakl 1 jam dengan menggunakan kendaraan darat.

Bahkan, Bantimurung yang berada di kawasan hutan Bulusaraung resmi menjadi Taman Nasional Warisan Dunia ASEAN (ASEAN Heritage Park-AHP) ke-41. Keputusan ini dikemukakan dalam forum The 29th Meeting of The ASEAN Senior Officials on The Environment (Asoen) di Singapura.

Ini Paket Wisata Alam Lengkap Buat Liburan di Sulawesi SelatanFoto: Rammang-rammang (Moehammad Bakrie/detikTravel)


Di Bantimurung, wisatawan tidak hanya ditawari air terjun tetapi juga pengalaman tracking menuju gua mimpi. Masih di Kota Maros, wisata Rammang-rammang juga bisa dimasukkan dalam tujuan wisata Anda di Sulsel.

Di Rammang-rammang, hammparan karst menjadi suguhan yang memanjakan mata bagi para wisawatan. Wisatwan dapat menikmati indahnya mangrove dan makanan di sijni sambil menjelajahi tempat ini dengan menggunakan perahu yang menyisir sungai Pute.

Lokasi ini sangat menarik untuk dijadikan objek swafoto dan dipamerkan di dalam akun medsos wisatawan. (wsw/wsw)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED