Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jan 2019 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun Tersembunyi Bermandi Cahaya Pelangi di Polewali Mandar

Abdy Febriady
detikTravel
Air Terjun Lakunnu yang indah di Polewali Mandar (Abdy Febriady/detikTravel)
Air Terjun Lakunnu yang indah di Polewali Mandar (Abdy Febriady/detikTravel)
Polewali Mandar - Kabupaten Polewali Mandar punya banyak potensi wisata tak terjamah. Salah satunya Air Terjun Lakunnu yang tersembunyi dan bermandikan cahaya pelangi.

Menjelajahi pedalaman Polewali Mandar, tidak pernah lepas dari tempat wisata baik yang telah dikelola maupun yang masih perawan. Salah satunya Air Terjun Lakunnu yang terletak di Dusun Salulambu, Desa Tapua, Kecamatan Matangnga, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Berada jauh di tengah hutan, air terjun yang satu ini, memiliki daya tarik sendiri yang rasanya sebanding dengan beratnya perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai lokasinya. detikTravel menjelajah ke sana akhir pekan kemarin.

Selain terdiri dari beberapa tingkatan dengan ketinggian berbeda-beda, salah satu keistimewaan Air Terjun Lakunnu, lantaran kerap memancarkan bias cahaya warna warni menyerupai pelangi. Air Terjun Lakunnu berada di tengah hutan, sekitar 37 km dari Kecamatan Wonomulyo, pusat Kabupaten Polewali Mandar.

Air Terjun Tersembunyi Bermandi Cahaya Pelangi di Polewali MandarBerkas cahaya pelangi (Abdy/detikTravel)

Dari Kecamatan Wonomulyo, menuju Desa Tapua pengunjung dapat menggunakan motor atau mobil dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sesampainya di pusat desa perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan motor trail, lantaran medan yang ditempuh cukup berat, melewati sejumlah anak sungai dan jalan yang ekstrem.


Sekitar 500 meter sebelum mencapai lokasi air terjun, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki, karena pengunjung akan melewati sejumlah pohon besar yang tumbang dan menutup jalan hingga menuruni jalan yang cilin dengan kemiringan nyaris mencapai 90 derajat.

Sesampainya di lokasi air terjun, rasa lelah pengunjung melewati beratnya perjalanan untuk mencapai lokasi ini, terbayar lunas dengan keindahan Air Terjun Lakunnu yang dikelilingi pepohonan tinggi di sekitarnya, membuat udara juga terasa sangat sejuk.

Air Terjun Tersembunyi Bermandi Cahaya Pelangi di Polewali MandarAda beberapa tingkat air terjun (Abdy/detikTravel)

Air Terjun Lakunnu memiliki 4 tingkatan. Yang pertama setinggi 20 meter, yang kedua setinggi 8 meter, yang ketiga setinggi 30 meter dan yang terakhir setinggi 6 meter. Namun yang kerap dikunjungi warga, hanyalah air terjun pada tingkatan 3 dan keempat saja.

Di dasar air terjun pada tingkatan ketiga, terdapat sebuah kolam kecil dengan kedalaman satu meter, yang bisa dipakai untuk bermain air. Di sisi kiri dan kanan air terjun juga terlihat tebing batu, di dekatnya menjuntai akar pepohonan yang kerap dimanfaatkan warga untuk bermain ayunan, layaknya Tarzan.

Jika sedang beruntung, pada waktu tertentu pengunjung dapat melihat langsung bias cahaya warna-warni mirip pelangi memantul pada dinding batu di balik air terjun. Sayang saat saya berkunjung ke tempat ini, bias cahaya warna-warni mirip pelangi yang dipacarkan tidak terlalu jelas dan perlahan memudar .

Air Terjun Tersembunyi Bermandi Cahaya Pelangi di Polewali MandarAda kolam di bawah air terjun (Abdy/detikTravel)

Namun tentu saja itu tidak membuat saya kecewa, apalagi di balik air terjun pada tingkatan keempat, terdapat sebuah gua kecil, yang cocok dijadikan tempat untuk berfoto, lumayan sebagai bukti bahwa saya telah menginjakkan kaki di tempat ini.

Selain dijadikan tempat berwisata oleh warga setempat, keberadaan Air Terjun Lakunnu ternyata memiliki peran penting bagi warga di daerah ini. Air Terjun ini mengalir menjadi saluran irigasi persawahan dan air bersih penduduk.


"Selain untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga, aliran air air terjun yang disalurkan melalui pipa paralon ini, juga dimanfaatkan untuk mengairi sedikitnya 30 hektar areal persawahan warga di daerah ini," ujar Firman, warga yang mengantar saya ke tempat ini.

Air Terjun Tersembunyi Bermandi Cahaya Pelangi di Polewali MandarSuasana hutan yang lebat (Abdy/detikTravel)

Itu sebabnya keberadaan Air Terjun Lakunnu sangat dijaga warga, karena memiliki peran penting dalam kehidupan warga di daerah ini. Sementara itu salah seorang pengunjung, Sudirman mengaku takjub dan puas, lantaran baru pertama kali mendatangi lokasi air terjun di mana dirinya bisa menyaksikan langsung cahaya berwarna-warni seperti pelangi.

"Saya sangat puas, rasa lelah di perjalanan tidak terasa setelah tiba di tempat ini, bagi saya ini pengalaman pertama yang luar biasa karena jarang kita bisa melihat cahaya mirip pelangi yang dihasilkan tanpa campur tangan manusia," ujarnya keheranan.

Penasaran dengan Air Terjun Lakunnu yang punya bias cahaya warna-warninya mirip pelangi? Ayo rencanakan petualangan kamu ke sana. Tapi ingat, selalu jaga alam sekitarnya, jangan merusak agar keindahan air terjun ini supaya dapat terus dinikmati tanpa mengganggu fungsinya yang lain. (fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED