Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 23 Feb 2019 21:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Eropa, Ini di Lombok

Afif Farhan
detikTravel
Bukit Merese, pemandangannya seperti di Eropa (Afif Farhan/detikTravel)
Lombok Tengah - Bayangkan, perbukitan hijau dengan langit biru, pantai berpasir putih dan sapi-sapi. Rasanya sedang di Eropa saja, padahal di Lombok.

Inilah Bukit Merese, salah satu destinasi wisata di Lombok Tengah. Dari pusat Kota Mataram, butuh 2 jam naik kendaraan mobil untuk sampai ke sana. Persisnya, Bukit Merese ada di antara Pantai Tanjung Aan dan Pantai Seger.

Tidak ada tiket masuk, hanya membayar sewa parkir. Setibanya di kaki bukitnya, siapkan stamina untuk menanjak. Cukup menguras tenaga lho.

Bukan di Eropa, Ini di LombokPerjalanan menanjak ke Bukit Merese (Afif Farhan/detikTravel)


Pelan-pelan kaki melangkah ditambah terik matahari, sudah bikin badan terasa lelah. Tapi begitu tiba di atas, wow panoramanya membayar impas!


Hamparan perbukitan hijau terlihat begitu memesona sejauh mata memandang. Bukan itu saja, ada sapi-sapi yang asyik makan rumput dan berbaur dengan wisatawan. Plus, garis pasir pantai berwarna putih dari Pantai Tanjung Aan dan Pantai Seger makin bikin nggak mau pulang!

Bukan di Eropa, Ini di LombokPanorama di Bukit Merese (Afif Farhan/detikTravel)


Saya bertemu dengan Ama Enah, salah seorang penggembala hewan ternak di Bukit Merese. Ketika wisatawan sibuk berkeliaran menjelajahi tiap sudut bukitnya, dia duduk kalem saja. Sesekali mengarahkan sapi-sapinya.

"Saya menggembala 24 sapi di sini. Ada juga yang menggembala kerbau," kata Ama Enah kepada detikTravel, beberapa waktu silam.

Menurut Ama Enah, Bukit Merese luasnya berhektar-hektar. Usut punya usut, sebelum menjadi destinasi wisata, sejatinya Bukit Merese memang tempat menggembala hewan ternak.



Bukan di Eropa, Ini di LombokSapi-sapi di Bukit Merese (Afif Farhan/detikTravel)


"Dari dulu kami menggembala hewan ternak di sini. Setelah jadi tempat wisata, kami juga tetap menggembala. Wisatawan malah suka foto-foto hewan ternaknya," terang pria berusia 42 tahun tersebut.

Bukit Merese sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti toilet dan penjaja makanan. Penjual suvenir kain tenun hingga kaos juga bakal menawarkan dagangannya.

Bukan di Eropa, Ini di LombokBukit Merese yang bikin jatuh hati (Afif Farhan/detikTravel)


Beberapa wisatawan yang saya temui juga berkali-kali berucap, pemandangan di Bukit Merese mirip seperti di Eropa.

Ya, memang sebelas dua belas sih! (aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA