Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Mar 2019 22:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Nggak Usah ke Jepang, 2 Tempat di Indonesia Ini Punya Bunga Sakura

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Bunga sakura di Cibodas (Kebun Raya Cibodas/Facebook)
Foto: Bunga sakura di Cibodas (Kebun Raya Cibodas/Facebook)
Cibodas - Bunga Sakura identik dengan Jepang. Namun, dua tempat di Indonesia ini juga memiliki bunga sakura yang bisa kamu lihat.

Menurut Perusahaan Meteorologi Jepang, tahun 2019 ini bunga sakura di Jepang akan mekar lebih awal di akhir bulan Maret. Kamu yang belum memiliki rezeki untuk melihat sakura di Jepang pun tak perlu sedih, karena kamu juga bisa melihatnya di Indonesia.

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019), faktanya Indonesia juga punya destinasi yang menawarkan bunga sakura. Di mana saja?

1. Kebun Raya Cibodas

Destinasi pertama untuk melihat bunga sakura di Indonesia adalah Kebun Raya Cibodas di Kabupaten Cianjur. Harga tiket masuk ke dalamnya adalah Rp 9.500.

Traveler pun bisa mendatangi Taman Sakura yang merupakan salah satu dari koleksi taman yang ada di Kebun Raya Cibodas. Dilihat detikTravel dari laman Facebooknya, bunga sakura pun diketahui telah mekar di sana pada awal Februari tahun ini.

Untuk menuju Kebun Raya Cibodas dari Jakarta sangatlah mudah. Dari Terminal Kampung Rambutan, anda cukup cari bus yang mengarah ke Cianjur via Puncak, turun di pertigaan Cibodas atau sebelum RSUD Cimacan lalu dilanjutkan dengan naik angkot berwarna kuning dan turun tepat di depan pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

2. Sumba Timur

Tak hanya memiliki lanskap padang rumput nan indah, Sumba Timur juga punya bunga Sakura Sumba yang tak kalah dengan di negeri aslinya. Konon, dahulu bunga itu dibawa oleh tentara Jepang.

(dok Yudi Umbu TT Rawambaku/Istimewa)(dok Yudi Umbu TT Rawambaku/Istimewa)
Menurut Kepala Seksi Analisa Data Pasar Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Timur, Yudi Umbu TT Rawambaku pada detikTravel beberapa waktu lalu, Sakura Sumba tumbuh dari awal September sampai Oktober.

BACA JUGA: Kampung Adat Terindah di Sumba

Sakura Sumba bisa kamu temui di sepanjang pesisir utara hingga timur di Kabupaten Sumba Timur. Warna bunga sakuranya memang mirip seperti bunga sakura di Jepang sana.

Hanya sebelum berangkat, ada baiknya kamu mengecek jadwal mekar bunga sakura di kedua tempat tersebut lewat media sosial dan situs lokal.


Simak Juga 'Melihat Pohon Sakura di Sumba':

[Gambas:Video 20detik]


(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED