Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 09 Mar 2019 12:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Akhir Pekan di Palembang Ala Jokowi

Bona
detikTravel
Jembatan Ampera dari Plaza BKB (Kurnia/detikTravel)
Jembatan Ampera dari Plaza BKB (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Palembang - Presiden Jokowi sedang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan. Kamu yang akhir pekan di Palembang bisa liburan ala Jokowi.

Presiden Joko Widodo, sedang dalam kunjungan ke Palembang, Sabtu (9/3/2019). Jokowi datang untuk menghadiri acara South Sumatera Milennial Road Safety Festival di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan.

Kamu yang berakhir pekan di Palembang, bisa liburan ala Jokowi. Benteng Kuto Besak bisa menjadi pilihan pertama karena di sinilah acara tersebut digelar.

Benteng Kuto Besak adalah bangunan keraton dari abad ke-18 yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng ini mulai dibangun pada tahun 1780 atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758, lalu diselesaikan oleh penerusnya yaitu Sultan Mahmud Bahauddin yang memerintah pada tahun 1776-1803.

Benteng Kuto Besak di Palembang (Wahyu/detikTravel)Benteng Kuto Besak di Palembang (Wahyu/detikTravel)

Kawasan pelataran di depan Benteng kuto Besak pun ditata sedemikian rupa oleh pemerintah kota Palembang, menjadi sebuah plaza alias alun-alun yang bisa digunakan wisatawan untuk beraktivitas.

Terkadang destinasi ini juga menjadi lokasi penyelanggaraan acara atau festival dengan panggung hiburan berlatar Sungai Musi dan Jembatan Ampera yang memesona, seperti kunjungan Presiden Jokowi. Kemeriahan para wisatawan yang datang jadi pemandangan umum yang akan traveler saksikan bila main ke sana.

Benteng Kuto Besak terletak persis di tepi Sungai Musi. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena umurnya sudah mencapai ratusan tahun. Tak jauh dari sana, juga tampak Jembatan Ampera.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Setelah puas main ke Benteng Kuto Besak, traveler bisa berburu foto ikonik Jembatan Ampera dari Plaza Benteng Kuto Besak atau Plaza BKB. Plaza Benteng Kuto Besak atau Plaza BKB area lapangan terbuka yang luas di depan Benteng Kuto Besak dan di tepi Sungai Musi.

Jembatan ini dibangun dengan megah di atas Sungai Musi. Panjangnya mencapai 1.117 meter dan menghubungkan kawasan Ulu dan Ilir Kota Palembang.

Jembatan Ampera terlihat jelas dari sini. Traveler bisa berfoto dengan latar keseluruhan bagian jembatan dari sisi yang menghadap ke Plaza BKB.

Semakin malam, kawasan ini akan ramai dengan pengunjung. Beberapa mobil hias dan becak hias beragam bentuk tampak hilir mudik dengan wisatawan. Selain itu, banyak juga wisatawan yang sekadar jalan-jalan santai menikmati malam di pinggir sungai dan foto-foto.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)

Jam analog yang dipasang di sisi atas jembatan tahun lalu itu pun terlihat dari kejauhan. Hiasan lampu yang juga berwarna merah membuat tampilan jembatan ini begitu cantik.

Tak cuma pasangan muda-mudi, warga lokal yang datang ke sini juga melakukan aktivitas memancing. Setelah melemparkan kail pancing, mereka duduk di tepi sungai sambil menikmati keindahan Jembatan Ampera sampai dapat ikan. (bnl/fay)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED