Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Mar 2019 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Jakarta, Ini Kali Jodoh di Papua

Bona
detikTravel
Kali Jodoh Tambrauw (Bonauli/detikcom)
Kali Jodoh Tambrauw (Bonauli/detikcom)
Tambrauw - Seringkali, mitos jodoh menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata. Kabupaten Tambrauw di Papua Barat pun punya tempat ini, namanya Kali Jodoh.

Dalam Press Tour 2019 bersama Kementerian Pariwisata, detikcom bersama rombongan media dari Jakarta berkunjung ke Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Tambrauw punya banyak destinasi menarik yang bisa di kunjungi.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Kali Jodoh. Kali Jodoh merupakan sebuah sungai panjang yang berada di Distrik Sausapor. Untuk bisa sampai di sini, wisatawan hanya menempuh 30 menit perjalanan saja.

Nama Kali Jodoh sendiri muncul dari masyarakat. Namun tak ada asap kalau tidak ada api.

Bukan di Jakarta, Ini Kali Jodoh di Papua(Bonauli/detikcom)


"Sungai ini biasa dijadikan sebagai tempat berkumpul oleh masyarakat. Mulai mandi-mandi sampai bakar ikan," ujar Abraham Mayor, Kadispar Tambrauw, Selasa (12/3/2019).

Karena sering sekali dijadikan tempat berkumpul, banyak punya muda-mudi yang menemukan pasangan di tempat ini. Sehingga masyarakat menyebut sungai ini dengan nama Kali Jodoh.

Cerita ini terus berkembang sehingga ada pula mitos yang mengatakan bahwa mencuci muka atau mandi di sungai ini akan dapat jodoh dengan segera.

BACA JUGA: Kenalkan, Ini Tambrauw Saingan Raja Ampat

Berada persis di bawah jembatan, Kali Jodoh memiliki air yang segar dan beraliran tidak terlalu deras. Saat musim panas, akan banyak ikan di sungai ini. Sehingga banyak masyarakat yang berkumpul dan melakukan bakar-bakar ikan.

Bukan di Jakarta, Ini Kali Jodoh di PapuaFoto: (Bonauli/detikcom)


Dari jembatan, wisatawan bisa turun lewat samping dan merasakan kesejukan air sungai ini. Nantinya apakah ada akses yang lebih mudah?

"Awalnya ada rencana pengembangan pariwisata. Tapi karena ini daerah aliran sungai, kalau deras meluap kemana mana, jadi tidak aman. Sedangkan akses pembangunan butuh dana. Tidak rekomendasikan saat musim hujan," ujar Abraham.

Walau demikian, Pemda Tambrauw tetap membuka Kali Jodoh sebagai tempat nongkrong warga di musim panas. Karena saat musim panas, aliran sungai sangat jernih dan banyak ikan.

Selain ada mitos tentang jodoh, sungai ini juga cantik untuk spot foto sambil main air. Bagaimana traveler, mau coba?

Bukan di Jakarta, Ini Kali Jodoh di PapuaFoto: (Bonauli/detikcom)
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED