Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 18:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Kalong NTT yang Cocok Untuk Pemburu Senja

Danu Damarjati
detikTravel
Sunset dari Pulau Kalong (Dikhy/detikcom)
Sunset dari Pulau Kalong (Dikhy/detikcom)
Manggarai Barat - Traveler yang liburan ke Pulau Kalong di NTT bisa melihat sunset menawan saat senja. Bonusnya adalah kawanan kalong yang menghiasi langit.

Mamalia bersayap ini menjadi atraksi tersendiri di kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal-kapal mengepung Pulau Kalong, mengantar para turis pemburu senja.

Kamis (28/2/2019), pukul 17.00 WIB, perahu-perahu mulai melego jangkar di perairan sekeliling Pulau Kalong. Para turis mancanegara berdiri di atas kapalnya masing-masing, menantikan atraksi sore ini. Kapal yang kami tumpangi juga merapat ke dekat pulau.

"Biasanya kalau dia dengar suara jangkar, kelelawarnya juga bisa bangun," kata kapten kapal kami, Markus Balo Mony.

Dia hapal gerak-gerik kelelawar di pulau ini. Kadang ada satu burung yang lewat di atas pulau sebelum para kelelawar berhamburan. Burung itu disebutnya seperti membangunkan para kelelawar supaya pergi mencari makan.

Pulau Kalong NTT yang Cocok Untuk Pemburu SenjaSenja di Pulau Kalong (Dikhy/detikcom)


Berdasarkan pengamatan saya, memang kadang ada burung yang terbang rendah di atas pulau, namun sulit dibuktikan apakah burung itu membangunkan tidur para kalong atau tidak.

Dari jarak 80 meter, pulau itu lebih menyerupai kumpulan pohon bakau yang rapat ketimbang daratan kecil. Di belakangnya, matahari mulai mendekati garis cakrawala. Kapal-kapal semakin banyak yang berdatangan, sudah ada tujuh kapal jelang matahari terbenam.

Turis-turis mulai iseng. Ada yang meloncat dari atap kapal ke laut, ada pula yang berjemur santai. Sebagian dari mereka menggunakan teropong binokular mengamat-amati pergerakan di pulau yang hijau ini.

Burung camar melintasi kapal kami, membuat bertanya-tanya apakah burung ini yang akan membangunkan para kalong. Ternyata kalong belum bangun juga.

Pulau Kalong NTT yang Cocok Untuk Pemburu SenjaKalong mulai bermunculan (Dikhy/detikcom)

Pukul 18.07 WITa, surya benar-benar mencapai batas pandang mata. Semburat lembayung senja dari ufuk barat membuat siapapun tertegun. Keindahannya maksimal! Wisata ini cocok bagi Anda para pemburu senja.

Di suasana seindah ini, kalong-kalong mulai bangun. Mereka muncul dari rimbunnya bakau. Mulanya hanya belasan saja, berlanjut menjadi puluhan, puluhan menjadi ratusan, tembus ribuan, dan tak terhitung lagi.

Setengah jam berlalu, Pulau Kalong tak berhenti menyemburkan ribuan mamalia bersayap. Seolah ini tidak ada habisnya. Kalong dengan pelbagai ukuran terbang mencari makan berupa buah-buahan hingga sari bunga.

Pulau Kalong NTT yang Cocok Untuk Pemburu SenjaLangit yang dihiasi kalong (Dikhy/detikcom)

Kamera-kamera para turis terus saja aktif mengabadikan momen sensasional ini. Ada yang menerbangkan drone dengan berhati-hati supaya tak tersambar kalong.

Pukul 18.40 WITa, matahari sudah tenggelam sepenuhnya. Pasukan kalong terus saja muncul dari pulau. Subuh nanti, mereka baru pulang ke pulau yang berada di antara Rinca dan Papagarang ini.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (dnu/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA