Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Apr 2019 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ke Sidoarjo Tempat Kampanye Prabowo, Ada Tempat Wisata Apa?

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Kampanye Prabowo di Sidoarjo (Suparno/detikcom)
Foto: Kampanye Prabowo di Sidoarjo (Suparno/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Sidoarjo - Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandiaga baru-baru ini melakukan kampanye akbar di Sidoarjo. Ada tempat wisata apa saja buat dikunjungi di sana?

Sidoarjo di Jawa Timur selama ini terkenal dengan julukan Kota Udang. Lebih dari itu, kota yang baru-baru ini dikunjungi pasangan Prabowo-Sandi untuk kampanye itu, sebenarnya punya potensi wisata yang menarik.

Dari mulai wisata Lumpur Lapindo, sampai candi-candi semua bisa traveler kunjungi di Sidoarjo. Dirangkum detikcom Selasa (2/4/2019), berikut 4 pilihan tempat wisata di Sidoarjo.

1. Wisata Lumpur Lapindo
Ke Sidoarjo Tempat Kampanye Prabowo, Ada Tempat Wisata Apa? (Anggi Agistia/d'Traveler)


Bencana semburan Lumpur Lapindo ternyata menyimpan hikmah karena lama-kelamaan banyak turis yang berkunjung ke sini. Bekas bencana tersebut kini pun berubah menjadi tempat wisata.

Kesan pertama begitu memasuki kawasan ini adalah takjub luar biasa. Sungguh kalau Tuhan sudah berkehendak, maka tidak ada yang bisa melawan kuasanya. Bagaimana desa-desa yang dulunya dihuni ribuan penduduk, sekarang berubah jadi lautan lumpur yang maha luas.

Sejauh mata memandang, traveler bisa melihat hamparan lumpur serta kepulan asap putih yang berasal dari pusat semburan lumpur. Untuk masuk ke wilayah Lumpur Lapindo, kita harus menyiapkan uang sejumlah Rp 10.000.

2. Alun-alun Sidoarjo

Tak lengkap berkunjung ke Sidoarjo tanpa mampir ke kawasan Alun-alun. Di sinilah warga Sidoarjo biasa beraktivitas menikmati libur akhir pekan.

Ikon Sidoarjo berupa monumen dengan logo Udang dan Bandeng Raksasa bisa kita lihat berdiri dengan megahnya. Wisatawan bisa keliling naik sepeda, joging atau sekadar duduk-duduk santai di alun-alun ini.

3. Makam Dewi Sekardadu

Ke Sidoarjo Tempat Kampanye Prabowo, Ada Tempat Wisata Apa? (Ekaning Benawi/d'Traveler)


Sidoarjo juga punya tempat wisata religi, yaitu Makam Dewi Sekardadu. Dewi Sekardadu merupakan ibunda dari Sunan Giri, salah satu anggota Wali Songo yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa.

Riwayatnya Dewi Sekardadu merupakan putri dari Prabu Menak Sembuyu, penguasa Kerajaan Blambangan pada abad ke-14. Lokasi peristirahatannya ada di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo.

Tak jauh dari sini juga ada Pantai Kepetingan yang dihiasi oleh rimbunan hutan mangrove. Traveler bisa wisata religi sekaligus wisata pantai di sini. Sekali dayung, 2 pulau terlampaui.

4. Candi Pari

Terakhir, ada wisata sejarah Candi Pari yang dibangun berabad-abad silam. Candi Pari merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Traveler bisa melihat sisa kejayaan Majapahit sekaligus foto-foto di candi ini. (wsw/wsw)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA