Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Apr 2019 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bikin Heboh Dunia Maya, Tugu Photocopy Ini Sungguhan Ada

Syanti Mustika
detikTravel
Tugu Photocopy di Desa Atar, Sumatera Barat (Aswir/dok Istimewa)
Tugu Photocopy di Desa Atar, Sumatera Barat (Aswir/dok Istimewa)
Batusangkar - Dunia maya dihebohkan dengan gambar tugu yang di atasnya mesin photocopy. Ternyata tugu itu benar-benar ada dan menjadi ikon sebuah desa di Sumatera Barat.

Beragam tugu yang menghiasi daerah di Indonesia dan bentuknya biasa mewakili keadaan daerah tersebut. Ada yang berbentuk buah-buahan, hewan maupun patung tokoh. Namun ada tugu tidak biasa di Sumatera Barat, namanya Tugu Photocopy yang tugunya benar-benar mirip mesin fotocopy lho!

detikcom pun mencoba menelusuri keberadaan tugu ini, dan ternyata tugu ini berada di Jorong Lareh Nan Panjang, Nagari Atar, Kecamatan Padang Gantiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Bila diukur jaraknya dari Kota Padang sekitar 127 km atau 3 jam perjalanan dengan mobil.

(Aswir/dok Istimewa)(Aswir/dok Istimewa)


Aswir, Sekretaris Nagari Atar mengungkapkan bahwa tugu ini telah ada semenjak tahun 2012. Tugu ini merupakan ide para perantau untuk menujukan kesuksesan mereka di rantau.

"Tugu ini telah ada semenjak tahun 2012, dan berdiri tepat di samping kantor Wali Nagari Atar. Tugu ini menunjukan bahwa sebagian besar perantau yang berasal dari Atar sukses dalam usaha fotocopy," ungkap Aswir saat dihubungi detikcom.

BACA JUGA: Ini Daerah Terdingin di Sumatera Barat, Suhunya 13 Derajat

Para perantau dari Atar pun tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Namun yang paling banyak ada di Bandung. Mereka semua tergabung dalam ikatan IWATAR (Ikatan Warga Atar).

"Para perantau Atar tersebar di berbagai provinsi, mulai dari kawasan Sumatera Barat, Pekanbaru, hingga ke Jawa. Namun yang paling banyak dan pusatnya ada di Bandung. Mereka semua tergabung dalam IWATAR," jelasnya.

(Aswir/dok Istimewa)(Aswir/dok Istimewa)


Karena para perantau Atar telah sukses berkecimpung di usaha photocopy, mereka pun berinisiatif untuk membangun sebuah tugu yang unik. Karena mereka usaha di photocopy, maka dibangunlah Tugu Photocopy.

"Tugu ini dibangun oleh para perantau, dan nagari hanya memfasilitasi. Karena sebagian besar perantau Atar selama puluhan tahun sukses dalam usaha photocopy, maka dibangunlah Tugu Photocopy sebagai ciri khas kami," tambah Aswir.

Karena adanya Tugu Photocopy ini, Negeri Atar pun dikenal sebagai negeri yang unik. Tugu ini pun mewakili kesuksesan para perantau yang cinta kampung halaman.

"Usaha photocopy ini dimulai oeh Hj Yuskar, dia yang pertama kali bergerak di usaha photocopy. Semakin lama usahanya berkembang, dan kemudian banyaklah warga Atar yang merantau dan usaha di photocopy. Mereka pun semuanya sukses dan berinisiatif membangun tugu untuk memberi ciri ke Nagari Atar sebagai desa dengan perantau yang sukses di photocopy," cerita Aswir.

Nah, traveler yang nantinya ingin liburan ke Sumatera Barat cobalah datang ke Negeri Atar, Padang Gantiang ini. Tugu Photocopy setinggi sekitar 5-6 meter ini menunggu kehadiran traveler.


Simak Juga "Mengunjungi Tugu 0 Kilometer Indonesia, Aceh":

[Gambas:Video 20detik]

Bikin Heboh Dunia Maya, Tugu Photocopy Ini Sungguhan Ada
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED