Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Mei 2019 09:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menjelajah Masjid Az Zikra, Pusat Dakwah Ustaz Arifin Ilham

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Masjid Az Zikra di Sentul, Bogor (foto kanan)
Masjid Az Zikra di Sentul, Bogor (foto kanan)
Jakarta - Wafatnya Ustaz Arifin Ilham menjadi duka cita banyak orang. Almarhum lekat dengan tempat wisata religi Masjid Az Zikra di Sentul, Bogor.

Rencananya jenazah Ustaz Arifin Ilham akan diterbangkan Kamis (23/5/2019) dari Penang di Malaysia ke Indonesia. Keluarga, jamaah, para ulama dan semua pihak menunggu almarhum di Masjid Az Zikra.

Masjid ini memang tidak bisa dilepaskan dari sosok Ustaz Arifin Ilham. Masjid ini bisa dibilang sebagai pusat dakwah dan zikir akbar yang sering digelar ulama kondang ini.

Masjid Az Zikra dari kejauhan (azzikra.com)Masjid Az Zikra dari kejauhan (azzikra.com)

Masjid Az Zikra dibangun tahun 2009 di Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Nama aslinya Masjid Muammar Qaddafy dengan bangunan megah dan minaret 57 meter yang menjulang sehingga mudah dilihat dari jalan Tol Jagorawi.

Pembangunan masjid ini didanai World Islamic Call Society (WICS) dari Tripoli, Libya. Arsitektur Islam modern mewarnai masjid dengan lahan seluas 12.600 m2 itu. Pada tahun 2011, masjid ini berganti nama menjadi Masjid Az Zikra sampai sekarang.

Dihimpun detikcom dari situs resmi Masjid Az Zikra, Kamis (23/5/2019) masjid ini dilengkapi dengan convention hall, lift dan air mancur. Masjid 3 lantai ini bisa menampung 22 ribu jamaah sekaligus.

Jamaah menunggu jenazah Arifin Ilham (Farih Maulana/detikcom)Jamaah menunggu jenazah Arifin Ilham (Farih Maulana/detikcom)

Masjid ini juga dilengkapi dengan payung ala Masjid Nabawi untuk kenyamanan para jamaah majelis zikir yang tidak tertampung di halaman masjid. Masjid ini pun menjadi tempat wisata religi yang ramai kunjungan wisatawan.

Hari ini, Masjid Az Zikra akan ramai kembali oleh para jamaah. Namun bukan karena ceramah, melainkan untuk melepas kepergian ulama yang membesarkannya. Selamat jalan Arifin Ilham, Sang Ahli Zikir.

Tonton video 'Ustaz Arifin Ilham Meninggal Dunia, Larissa Chou: Terima Kasih Abi':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED