Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Tempat Wisata di Madura yang Asyik Dikunjungi Saat Mudik

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Gili Labak di Madura (Yosi Adriyanto/dTraveler)
Gili Labak di Madura (Yosi Adriyanto/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Bangkalan - Banyak traveler yang mudik ke Madura saat libur lebaran. Di Pulau Garam ini, ada banyak destinasi wisata asyik buat dikunjungi lho. Catat ya!

Pulau Garam Madura, menyimpan pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Buat kamu yang mudik ke Madura libur lebaran nanti, ada 20 destinasi yang menanti untuk kamu kunjungi.

Dikumpulkan detikcom, Jumat (24/5/2019), berikut 20 destinasi asyik untuk dikunjungi saat mudik ke Madura:

1. Jembatan Suramadu

Pertama, tentu Jembatan Suramadu. Inilah ikon yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Pemandangan di sekitar jembatan ini oke punya lho traveler!

2. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih (jokobudisantoso/d'Traveler)Bukit Jaddih (jokobudisantoso/d'Traveler)

Bukit Jaddih merupakan bukit kapur yang telah ditambang selama bertahun-tahun. Bekas tambang kapur ini sekarang jadi destinasi wisata hits di kalangan anak-anak muda.

3. Gili Labak

Gili Labak yang eksotis juga sayang untuk dilewatkan. Pasirnya berwarna putih, pantainya tenang, dan airnys biru jernih. Begitu menggoda siapa saja yang datang ke pulau cantik ini.

4. Desa Aeng Tong Tong

Madura identik dengan celurit. Tak cuma celurit, di Madura juga ternyata ada perajin keris juga. Para empu pembuat keris ini bisa traveler temui di Desa Aeng Tong-Tong. Lokasi persisnya ada di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

5. Bebek Sinjay

Soal kuliner, Madura punya Bebek Sinjay di Bangkalan yang siap menggoyang lidah traveler. Bebek goreng dengan bumbu khas Madura yang gurih pedas serta sambal mangga yang segar memanjakan perut yang sudah keroncongan.

6. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean (Pradikta Kusuma/d'Traveler)Kepulauan Kangean (Pradikta Kusuma/d'Traveler)

Di bagian paling timur Madura, ada Kepulauan Kangean. Pulau-pulau di sini sungguh cantik. Dari ketinggian, gradasi warna laut di kepulauan ini sungguh menawan.

7. Api Abadi Pamekasan

Di Pulau Madura, juga ada destinasi api abadi. Letak persisnya ada di Larangan Tokol, Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Inilah destinasi Api Tak Kunjung Padam yang sayang untuk dilewatkan traveler.

8. Bukit Arosbaya

Bukit Arosbaya di Bangkalan, Madura dulunya adalah tambang kapur, namun sekarang telah menjadi destinasi wisata yang menarik. Dinding-dinding tebing yang terpahat secara tak sengaja oleh penambang, jadi suguhan seni tersendiri.

9. Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan (Safirah Ishami/d'Traveler)Air Terjun Toroan (Safirah Ishami/d'Traveler)

Madura punya air terjun indah nan megah yang terjun langsung ke laut, yaitu Air Terjun Toroan. Air terjun unik ini berada di Sampang, Madura.

10. Keraton Sumenep

Keraton Sumenep dibangun sejak tahun 1781. Keraton ini adalah satu-satunya keraton yang berada di Pulau Madura. Bangunan bersejarah ini masih berdiri megah sampai sekarang. Banyak peninggalan penuh sejarah yang bisa dilihat traveler di keraton ini.

11. Museum Sumenep

Museum Keraton Sumenep berlokasi di depan Keraton Sumenep. Jaraknya hanya beberapa meter saja dari bangunan utama keraton. Beberapa barang koleksi di museum ini antara lain kereta kencana, keramik-keramik China, naskah kuno arca, hingga prasasti bersejarah lainnya.

12. Taman Sare

(Hilda Meilisa Rinanda/detikTravel)(Hilda Meilisa Rinanda/detikTravel)

Masih di dalam area Keraton Sumenep, ada Taman Sare yang menarik untuk dikunjungi. Taman Sare ini dulu merupakan tempat mandi para sultan dan permaisuri. Di kolam ini ada 3 pintu dengan mitos yang berbeda.

Pintu pertama diyakini dapat membuat pengunjung awet muda, juga dipermudah mendapatkan jodoh hingga keturunan. Sementara di pintu kedua, konon dapat meningkatkan karir dan kepangkatan. Lalu, di pintu ketiga dapat meningkatkan iman dan ketaqwaan pada Tuhan.

13. Kerajinan Batik Sumenep

Madura juga punya kerajinan batik yang khas. Salah satunya ada di Sumenep. Selain bisa membeli batik sebagai oleh-oleh, di Sentra Batik Tulis Al Barokah, traveler juga bisa belajar membatik. Seru!

14. Gua Pote

Gua Pote termasuk salah satu destinasi wisata baru yang belum banyak orang tahu. Goa Pote merupakan bekas tambang kapur yang sekarang jadi tempat remaja foto-foto dan menghabiskan akhir pekan. Tempatnya sangat unik dan Instragramable!

15. Pantai Sambilangan

Madura juga punya pantai cantik. Traveler harus datang ke Pantai Sembilangan. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pantai dan lautan dari puncak mercusuar. Mercusuar di pantai Sembilangan sendiri telah berdiri sejak 1879.

16. Gili Iyang

Gili Iyang (@mymoyi/Instagram)Gili Iyang (@mymoyi/Instagram)

Ada juga Gili Iyang di Sumenep. Pulau ini dikenal juga sebagai 'Pulau Awet Muda'. Itu karena banyak penduduknya yang bisa hidup sampai usia 100 tahun.

Gili Iyang disebut punya kadar oksigen tertinggi kedua di dunia yakni 21,5% setelah Yordania. Kalau mau merasakan udara yang super segar dan bersih, datanglah ke Gili Iyang.

17. Desa Legung

Desa Legung adalah salah satu desa unik di Madura. Di desa ini, warga lebih memilih untuk tidur di atas pasir. Mereka merasa lebih nyaman tidur di pasir karena terasa dingin, sedangkan tidur di kasur terasa panas.

18. Makam Rato Ebu

Di Kecamatan Arosbaya, Madura ada makam yang sering diziarahi warga yaitu Makam Syarifah Ambani, atau lebih dikenal dengan Makam Rato Ebu. Di makam ini juga ada sumber mata air keramat.

Sumber mata air ini berasal dari kisah seorang permaisuri yang bersedih karena ditinggal suaminya. Kenyataan tersebut membuat sang permaisuri terus menangis, dan akhirnya jadi mata air ini.

19. Pulau Masalembu

Tak cuma Gili Labak, Madura juga punya Masalembu, pulau yang tak kalah cantiknya. Traveler mesti coba berkunjung ke sini selain main ke Gili Labak.

20. Karapan Sapi

20 Tempat Wisata di Madura yang Asyik Dikunjungi Saat MudikFoto: (Thinkstock)

Tidak lengkap rasanya ke Madura tanpa nonton karapan sapi. Salah satu spot buat nonton acara ini ada di Stadion R. Sunaryo, Pamekasan. Di tempat ini biasanya digelar Festival Sapi Sonok dan juga lomba Karapan Sapi yang memperebutkan Piala Presiden. (bnl/bnl)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA