Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mei 2019 14:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng Keluarga

Fithria Pratiwi
detikTravel
10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng Keluarga (Pradikta Kusuma/dTraveler)
10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng Keluarga (Pradikta Kusuma/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Jakarta - Saat mudik ke Banyuwangi, sempatkan ke tempat wisata di sana. Ada banyak tempat yang dapat dikunjungi di sana. Apa saja?

Kota Banyuwangi berada di ujung timur pulau Jawa. Ada banyak destinasi objek wisata yang dapat dikunjungi. Tidak saja tempat wisata, di sana kamu juga bisa mendapatkan keberagaman tradisi serta kesenian.

Berikut beberapa panduan wisata di Kota Banyuwangi yang paling indah dan terbaru untuk kamu kunjungi:



1. Kawah Ijen

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: I Gede Leo Agustina/d'Traveler


Kawah ijen merupakan wisata yang paling favorit di Banyuwangi. Kawah Ijen terletak di antara Kota Banyuwangi dengan Bondowoso yang menyajikan pemandangan yang menarik. Dari atas puncak, kamu dapat menikmati pemandangan Blue Fire.

Hanya ada 2 di dunia yang memiliki pemandangan Blue Fire ini, dan salah satunya terletak di Banyuwangi. Blue Fire dapat disaksikan pada saat dini hari. Perjalanan menuju ke atas Kawah Ijen ini biasanya di mulai pukul 1 dini hari.

2. Pantai Watu Dodol

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: (Ekaning Benawi/d'Traveler)

Watu Dodol dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih batu dodol. Pantai ini berjarak sekitar 2 km dari Pelapuhan Ketapang.

Ada terdapat bongkahan batu besar di tengah jalan Pantai Watu Dodol. Pada bongkahan batu besar itu terdapat di atasnya patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi. Di sekitar pantai ini juga banyak tempat wisata kuliner yang sayang untuk kamu lewatkan.

3. Pantai Pulau Merah

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: (Ilham Firdaus/d'Traveler)


Pantai ini menjadi salah satu destinasi yang paling pas untuk kamu dan keluarga berlibur setelah lebaran. Kamu bisa mendapatkan pemandangan yang eksotis dengan pemandangan alam yang cantik dan pasirnya yang putih. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Pesanggaran yang terdapat sebuah Pura Hindu dengan nama Pura Tawang Alun.

Di pantai ini juga ada sebuah bukit yang tak jauh dari bibir pantai yang tanahnya berwarna merah. Bukit ini tertutup pohon dan semak hijau, sehingga di sore hari terlihat semburat merah saat senja. Kamu dapat berjalan kaki menuju bukit tersebut saat air sedang surut. Di sana juga ada banyak tersedia penginapan-penginapan bagi kamu yang ingin menikmati objek wisata ini lebih dari sehari.

4. Teluk Hijau atau Green Bay

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: (Windra Aristiana/d'Traveler)


Tempat wisata Banyuwangi untuk libur lebaran selanjutnya yang harus kamu kunjungi yaitu Green Bay. Green Bay merupakan pantai yang memiliki warna jernih kehijauan. Pantai ini masuk dalam Taman Nasional Meru Betiri yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut, serta dikelilingi hutan tropis. Kamu dapat melakukan banyak kegiatan bersama keluarga di Green Bay ini seperti berenang, snorkeling, bermain pasir, serta memancing.



5. Waduk Bajulmati

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: Ardian Fanani

Waduk Bajulmati merupakan duplikat Raja Ampat yang bisa kamu jangkau lebih mudah. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk mendapatkan pemandangan yang serupa ini. Luas Waduk Bajulmati ini berkisar 1.800 hektare yang terdapat gundukan-gundukan tanah menyerupai gugusan pulau.

6. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung juga disebut G-Land yang terletak di dalam kawasan Wisata Nasional Alas Purwo. Ombak yang dimiliki pantai ini cukup menantang bagi para peselancar. Banyak yang mengatakan bahwa ombak di Pantai Plengkung ini mirip seperti di Hawai.

7. Pulau Tabuhan

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Saat Mudik Bareng KeluargaFoto: (Putri Akmal/detikTravel)


Pulau Tabuhan merupakan pulau cantik yang tak berpenghuni. Pulau ini memiliki hamparan pantai yang eksotis. Di sana juga terdapat keindahan pemandangan bawah laut yang mempesona. Terdapat banyak biota laut dan coral yang cantik menghiasi panorama bawah laut. Bagi kamu dan keluarga yang suka untuk snorkeling dapat memilih untuk mendatangi Pulau Tabuhan jika berlibur ke Banyuwangi.

8. Air Terjun Lider

Jika kamu ingin menikmati wisata air terjun bersama keluarga untuk libur lebaran dapat memilih Air Terjun Lider. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter yang membuatnya menjadi air terjun tertinggi di Banyuwangi. Wisata air terjun ini semakin indah ketika percikan air terjun jatuh ke bawah terkena sinar matahari dan memantulkan sinar pelangi.

9. Desa Osing

Kota Banyuwangi juga menyuguhkan wisata daerah yang dapat dikunjungi sebagai libur lebaran bersama keluarga selanjutnya. Desa Osing masih memiliki warga yang masih mempertahankan adat istiadat asli Banyuwangi. Desa Osing memiliki tradisi puputan, nginang, slametan, dan tumpeng sewu. Ciri khas rumah Desa Osing ini menggunakan kepala burung bouraq di bagian pintunya. Kamu juga dapat menyaksikan festival setiap tahunnya yang diadakan masyarakat Osing ini.

10. Pemandian Taman Suruh

Pemandian Taman Suruh ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk libur lebaran bersama keluarga. Pemandian ini berada di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Tempat wisata ini memiliki luas 3,5 hektare yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Disana terdapat mata air dingin dari bebatuan, sehingga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan objek wisata pemandian.

Itulah 10 tempat wisata Banyuwangi yang dapat menjadi pilihan kunjunganmu dan keluarga. Dengan banyaknya pilihan objek wisata di Banyuwangi ini, kamu dapat mendiskusikan dengan keluarga untuk memilih Banyuwangi sebagai tempat berlibur saat lebaran.


(nwy/fay)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT