Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 30 Mei 2019 15:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

15 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik

Fithria Pratiwi
detikTravel
Taman Bunga Gunung Kelud/Foto: (Rizki Ramadan/dTraveler)
Taman Bunga Gunung Kelud/Foto: (Rizki Ramadan/d'Traveler)
Jakarta - Mudik lebaran ke Kediri bersama keluarga bisa sambil menikmati wisata liburan yang ada di sekitarnya. Apa saja destinasi wisata di sana yang wajib dikunjungi?

Kediri memiliki sejuta pesona alam yang tersembunyi. Sudah pernah kemana saja kamu selama pulang kampung ke Kediri? Lebaran tahun ini harus menambah list kunjungan wisatamu di Kota yang berada di Jawa Timur (Jatim) ini.

Berikut destinasi terbaru di Kediri dan sekitarnya yang bisa menjadi tambahan list kunjunganmu:



1. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng berada di kaki Gunung Klotok. Selomangleng ini memiliki arti batu yang miring. Gua ini memiliki batu yang seolah berserakan dan beberapa di antaranya terlihat seperti dipahat. Gua ini juga menjadi background foto yang instagramable.

Di sana juga ada taman rekreasi air yang letaknya tidak jauh dari gua. Kamu juga bisa berenang atau bermain air sambil menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya.

2. Taman Kilisuci

Taman ini terletak di Kecamatan Pare dekat dengan Kampung Inggris Pare, Kediri. Taman Kilisuci ini dibangun sekitar tahun 2015 oleh pemerintah Pare. Tujuan dibangunnya taman ini adalah untuk sarana rekreasi masyarakat Pare atau dijadikan tempat jalan-jalan santai. Kamu dapat memilih tempat ini untuk berekreasi santai dengan keluarga selama libur lebaran.

Taman Kilisuci memiliki pohon-pohon yang cukup rindang. Terdapat tempat bermain anak-anak dan beberapa sarana bermain lainnya. Di tengah taman terdapat air mancur yang dikelilingi tempat duduk.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kediri. Gunung ini masih aktif dan pernah meletus tahun 2014. Pendakian akan membuat kamu dapat melihat kubah batu yang memiliki daya tarik tersendiri dari gunung ini. Kamu tidak perlu khawatir untuk mendaki Gunung Kelud, karena terdapat jalan beraspal yang dilalui kendaraan.


4. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo berada di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dibutuhkan usaha berjalan kaki menuruni anak tangga yang agak jauh jaraknya untuk menuju ke air terjun. Saat turun menuju ke sana, kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Pada sisi kanan terlihat seperti hutan tropis yang sangat lebat, sementara sebelah kiri terdapat panorama indah Gunung Wilis.

5. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul berlokasi di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Jaraknya kurang lebih 20 menit jika kamu berada di pusat Kota Kediri.

Relief di bagian dindingnya menggambarkan tentang sejarah Kota Kediri dan juga Ganesha. Di dalam gedungnya, terdapat beberapa ruangan yang biasa digunakan untuk pertemuan, auditorium, serta ruangan serbaguna.

Monumen ini dikunjungi wisatawan untuk mendapatkan spot foto yang instagramable. Hal ini yang membuat monumen ini selalu ramai didatangi pengunjung. Kamu harus memasukkan Monumen Simpang Lima Gumul ini ke dalam list kunjunganmu saat mudik lebaran ke Kediri.

6. Gumul Paradise Island

Kamu juga bisa menikmati wahana air yang ada di Kediri Jatim yaitu Gumul Paradise Island. Tempat ini berlokasi di Jalan Simpang Lima Gumul Barat yang tidak jauh dari Monumen Simpang Lima Gumul. Di sana terdapat wahana kolam renang, flying fox, dan banyak wahana lainnya.

7. Sumber Ubalan Kediri

Wisata Kediri untuk libur lebaran selanjutnya yaitu Sumber Ubalan. Sumber Ubalan merupakan tempat wisata yang berada di dalam hutan lindung. Ada berbagai fasilitas yang disediakan di sana yaitu panggung hiburan, kolam renang, dan taman bermain.

Terdapat sumber air yang posisinya lebih masuk ke dalam. Sumber air itu terlihat sangat tenang dengan ikan-ikan kecil berenang bebas. Lokasi sumber air ini berada di dalam hutan yang membuat suasana terasa nyaman dan sejuk.

8. Taman Wisata Tirtoyoso

Taman Wisata Tirtoyoso terletak di pusat kota dengan luar 7 hektare. Terdapat 4 kolam renang, 3 untuk kolam anak-anak dan 1 untuk dewasa. Di sana juga ada wahana permainan anak-anak dan dewasa. Hal ini membuat tempat wisata ini sangat bagus untuk menjadi tempat libur lebaranmu bersama anak-anak.

9. Kampoeng Anggrek

Bagi kamu pecinta bunga anggrek dapat mencoba berkunjung ke Kampoeng Anggrek. Di sana mata akan dimanjakan dengan berbagai anggrek dengan warna-warna yang menyala dan indah. Kampoeng Anggrek ini beralamatkan di lereng Gunung Kelud, tepatnya di wilayah Sempu, Ngancar, Ringinsari, Kediri. Ada banyak jenis anggrek berada di sana, sehingga dapat menjadi tempat spot yang instagramable.



10. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah bisa menjadi alternatif liburan selanjutnya di Kediri dan sekitarnya. Ada banyak wahana permainan dari anak-anak hingga orangtua tersedia di sana. Selain itu, harga masuk yang murah juga menjadi daya tarik untuk menjadikan taman ini menjadi tampat berlibur lebaran bersama keluarga.

11. Candi Surawana

Candi Surawana lokasinya berdekatan dengan Kampung Inggris. Candi ini merupakan candi yang bercorak Hindu. Candi Surawana ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 untuk memuliakan raja kerajaan Wengker.

12. Candi Tegowangi

Candi selanjutnya yang dapat kamu kunjungi yaitu candi Tegowangi. Candi ini telah menyelamatkan banyak cerita tentang sejarah Kediri. Terdapat beberapa relief di dinding-dinding candi yang menarik wisatawan yang menyukai wisata sejarah.

13. Wisata Kuliner Sate Bekicot

Sate bekicot merupakan makanan unik yang wajib kamu coba di Kediri. Kamu bisa mencari sate bekicot ini di Desa Jarak Kecematan Plosokaten. Ada banyak warung-warung penjaja sate bekicot berjajar disepanjang jalannya. Kamu dapat mencoba berbagai olahan bekicot dari sate, oseng-oseng, keripik, dan lainnya.

14. Alun-alun Kota Kediri

Kamu dapat menikmati malam bersama keluarga di Alun-alun Kota Kediri. Di sana dapat menikmati aneka kuliner khas Kediri yang dapat kamu coba. Kamu juga bisa berfoto bersama keluarga dengan latar tugu pahlawan. Alun-alun Kota Kediri ini berada di Jalan Panglima Besar Sudirman, Kampung Dalem.

15. Kediri Eco Park

Kediri Eco Park menawarkan wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan anak-anak. Ada fasilitas-fasilitas seperti outbound, kolam perahu kano, kolam pemancingan dan terapi ikan. Di sana juga bisa belajar mengenai pupuk kompos, budidaya jamur hingga tananam hydroponik. Lokasi Kediri Eco Park ini ada di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami.

Itulah 15 tempat wisata di Kediri yang bisa jadi rekomendasi untuk liburan di Kediri nanti. Mengunjungi tempat wisata bersama keluarga akan membuat mudik ke Kediri akan lebih berkesan di tahun ini.

Selamat mudik dan liburan!



(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED