Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jun 2019 04:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Tempat Wisata di Banyuwangi untuk Lebaran yang Instagrammable

Bonauli
detikTravel
Pantai Pulau Merah (Ahmad Fahrurroji/dTraveler)
Pantai Pulau Merah (Ahmad Fahrurroji/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Banyuwangi - Traveler yang mudik ke Banyuwangi jangan hanya duduk manis di rumah. Yuk, cari udara segar dengan traveling ke tempat-tempat cantik ini.

Banyuwangi terkenal sebagai Kota Festival. Kamu yang mudik ke Banyuwangi tak perlu khawatir bosan di kampung halaman.

Selain festival, Banyuwangi juga punya banyak tempat cantik untuk dikunjungi. Sekedar minum kopi atau menghirup udara segar, detikcom mengumpulkan tempat-tempat terbaik Banyuwangi yang bisa kamu datangi, Senin (3/6/2019).

1. Taman Nasional Baluran

(I gede leo/d'traveler)(I gede leo/d'traveler)


Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga Africa Van Java terletak di sebelah utara kota Banyuwangi. Tempat ini memang keren khususnya bagi pecinta Photography atau videography dengan savannah bekolnya seperti di Africa, Banyaknya Pohon pohon yang unik bentuknya.

Taman Nasional Baluran ini banyak jenis burung yang langka dan unik, serta hewan lainnya baik Rusa, kerbau hutan, Banteng, dan hewan lainnya. Serta Baluran ini sering di buat iklan dan film layar lebar.

2. Jawatan Benculuk

Jawatan merupakan hutan kecil seluas 3,8 hektar milik lahan perhutani yang berada di wilayah selatan Banyuwangi tepatnya di kecamatan Benculuk.

(Aldi Sanjaya Putra/d'Traveler)(Aldi Sanjaya Putra/d'Traveler)


Jawatan Benculuk merupakan tempat spot Photography di Banyuwangi, dimana tempat ini banyak sekali pohon trembesi yang usianya lebih dari 20 tahun yang begitu unik bentuk pohonnya.

3. Kawah Ijen

(I Gede Leo Agustina/d'Traveler)(I Gede Leo Agustina/d'Traveler)


Nah, ini dia Wisata andalan Banyuwangi Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan gunung active volcano. Yang unik di sini terdapat Blue fire hanya muncul dimalam hari serta warna danaunya yang warna hijau toscha yang tambah bikin menarik.

Perlu perjuangan untuk menuju ke kawah Ijen untuk melihat blue fire. Sekitar jam 12 malam, dini hari kita berangkat menuju ke kawah Ijen, dari kota Banyuwangi ditempuh selama 1 jam perjalanan menuju paltuding.

4. Pantai Pulau Merah

Yang suka Pantai atau cari sunset di Banyuwangi Nah ada wisata Pantai Pulau Merah. Ini tempat keren untuk menikmati matahari terbenam dan berpasir putih. untuk menuju ke pantai pulau merah dari kota Banyuwangi ditempuh selama 2 jam perjalanan ke arah selatan. yang hobby surfing juga bisa surfing di sini.

(Ahmad Fahrurroji/d'Traveler)(Ahmad Fahrurroji/d'Traveler)


Di sekitaran Pantai pulau merah banyak sekali masyarakat lokal menyediakan homestay dengan harga kisaran Rp 150.000-250.000 serta banyak mini market. Untuk tiket wisata cukup murah sebesar Rp 8.000 per orang.

5. Pantai Watu Dodol

(Ardian Fanani/detikTravel)(Ardian Fanani/detikTravel)


Watu Dodol dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih batu dodol. Pantai ini berjarak sekitar 2 km dari Pelapuhan Ketapang.

Ada terdapat bongkahan batu besar di tengah jalan Pantai Watu Dodol. Pada bongkahan batu besar itu terdapat di atasnya patung Gandrung atau penari khas Banyuwangi. Di sekitar pantai ini juga banyak tempat wisata kuliner yang sayang untuk kamu lewatkan.

BACA JUGA: Mudik ke Semarang, Ini Pilihan Tempat-tempat Wisatanya

6. Teluk Hijau atau Green Bay

(Istimewa/Sertu Mar Kuwadi)(Istimewa/Sertu Mar Kuwadi)


Tempat wisata Banyuwangi untuk libur lebaran selanjutnya yang harus kamu kunjungi yaitu Green Bay. Green Bay merupakan pantai yang memiliki warna jernih kehijauan. Pantai ini masuk dalam Taman Nasional Meru Betiri yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut, serta dikelilingi hutan tropis. Kamu dapat melakukan banyak kegiatan bersama keluarga di Green Bay ini seperti berenang, snorkeling, bermain pasir, serta memancing.

7. Waduk Bajulmati

(Ardian Fanani/detikcom)(Ardian Fanani/detikcom)


Waduk Bajulmati merupakan duplikat Raja Ampat yang bisa kamu jangkau lebih mudah. Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk mendapatkan pemandangan yang serupa ini. Luas Waduk Bajulmati ini berkisar 1.800 hektare yang terdapat gundukan-gundukan tanah menyerupai gugusan pulau.

8. Pantai Plengkung

(Ardian Fanani/detikTravel)(Ardian Fanani/detikTravel)


Pantai Plengkung juga disebut G-Land yang terletak di dalam kawasan Wisata Nasional Alas Purwo. Ombak yang dimiliki pantai ini cukup menantang bagi para peselancar. Banyak yang mengatakan bahwa ombak di Pantai Plengkung ini mirip seperti di Hawaii.

9. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan merupakan pulau cantik yang tak berpenghuni. Pulau ini memiliki hamparan pantai yang eksotis. Di sana juga terdapat keindahan pemandangan bawah laut yang mempesona.

(Ardian Fanani/detikTravel)(Ardian Fanani/detikTravel)


Terdapat banyak biota laut dan coral yang cantik menghiasi panorama bawah laut. Bagi kamu dan keluarga yang suka untuk snorkeling dapat memilih untuk mendatangi Pulau Tabuhan jika berlibur ke Banyuwangi.

10. Air Terjun Lider

Jika kamu ingin menikmati wisata air terjun bersama keluarga untuk libur lebaran dapat memilih Air Terjun Lider. Air terjun ini memiliki ketinggian 60 meter yang membuatnya menjadi air terjun tertinggi di Banyuwangi.

Wisata air terjun ini semakin indah ketika percikan air terjun jatuh ke bawah terkena sinar matahari dan memantulkan sinar pelangi.

BACA JUGA: Mudik ke Malang, Ini 10 Tempat Wisata Unggulan

11. Desa Osing

Kota Banyuwangi juga menyuguhkan wisata daerah yang dapat dikunjungi sebagai libur lebaran bersama keluarga selanjutnya. Desa Osing masih memiliki warga yang masih mempertahankan adat istiadat asli Banyuwangi.

(Rachman Haryanto/detikcom)(Rachman Haryanto/detikcom)


Desa Osing memiliki tradisi puputan, nginang, slametan, dan tumpeng sewu. Ciri khas rumah Desa Osing ini menggunakan kepala burung bouraq di bagian pintunya. Kamu juga dapat menyaksikan festival setiap tahunnya yang diadakan masyarakat Osing ini.

12. Pemandian Taman Suruh

Pemandian Taman Suruh ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk libur lebaran bersama keluarga. Pemandian ini berada di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Tempat wisata ini memiliki luas 3,5 hektare yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Disana terdapat mata air dingin dari bebatuan, sehingga menjadi pilihan tepat untuk dijadikan objek wisata pemandian.

Itulah 10 tempat wisata Banyuwangi yang dapat menjadi pilihan kunjunganmu dan keluarga. Dengan banyaknya pilihan objek wisata di Banyuwangi ini, kamu dapat mendiskusikan dengan keluarga untuk memilih Banyuwangi sebagai tempat berlibur saat lebaran.

13. Pasar Tradisional Banyuwangi

Pasar Tradisional Banyuwangi ini letaknya tidak berjauhan dengan Mal Pelayanan Publik Banyuwangi.

Nuansa tradisional sangat terasa karena pada bagian atap, ada ukiran kayu. Masuk ke dalam, berderet, kios-kios yang menjajakan beragam kuliner. Ada makanan dan minuman. Pasar Tradisional ini dirancang untuk tempat nongkrong.

Ada lebih dari 30 kios yang berjejer. Kios-kios ini sangat unik karena bagian depannya ada kayu ukiran. Bahkan pintu kios ini terbuat dari kayu yang diukir.

14. Kampung Lego

Wisata Kopi Lego terletak di Lingkungan Lerek, Kelurahan Gombengsari, Kecamatan Kalipuro. Desa ini terkenal dengan perkebunan kopi rakyatnya. Hampir setiap rumah di sana, menanam kopi di pekarangan rumah dan kebunnya.

Tidak hanya berhenti di situ, warga desa Gombengsari juga memperkenalkan potensi kopi yang dimilikinya melalui pariwisata. Mereka lalu membuat paket wisata edukasi kopi. Di sini, wisawatan akan dikenalkan berbagai proses kopi.

15. Pantai Rajegwesi

Mudik ke Banyuwangi, Ini 20 Destinasi yang Instagrammable(Budi Sugiharto/detikcom)


Pantai yang terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat wisata alam sekaligus sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berada di sini, Anda bisa menyaksikan keindahan pantai dan bunker sisa kejayaan bangsa Jepang di masa penjajahan. Pantai Rajegwesi memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki pantai-pantai lain.

Pasir pantai berwarna kecokelatan dan sangat lembut. Hal ini dikarenakan pasir pantai bercampur dengan endapan lumpur yang terbawa air sungai saat banjir. Selain keindahan alam dan nilai sejarahnya, Anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat sekitarnya. Sebagian besar masyarakat sekitar tempat wisata di Banyuwangi ini berkerja sebagai nelayan. Anda bisa melihat perahu nelayan yang diparkir di bagian barat pantai, sedangkan bagian timur dibiarkan lapang untuk tempat penyu bertelur.

16. Air Terjun Kalibendo

Terletak sekitar 20 km dari pusat kota Banyuwangi, Air Terjun Kalibendo menawarkan pemandangan luar biasa indah dan menenangkan, air jernih dan sungai-sungai dengan air dingin yang mengalir di sekitar air terjun. Berada di dataran tinggi, membuat tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan menyenangkan.

Jika berangkat dari Kampung Anyar, Glagah, Anda akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indah. Anda akan diajak melewati perkebunan teh, kopi dan cengkeh yang berupa hamparan hijau menyejukan mata. Suasana pedesaan juga dapat Anda rasakan dalam perjalan menuju ke air terjun setinggi 10 meter ini.

17. Agrowisata Kali Klatak

Ini adalah pelopor agrowisata pertama di Banyuwangi. Agrowisata Kali Klatak sebelumnya dimiliki oleh Belanda di bawah Mij Moorman & Co. sampai akhirnya beralih ke tangan pengusaha pribumi, R. Soehoed Prawiroatmodjo.

Berada di lereng gunung dengan ketinggian mencapai 450 meter di atas permukaan laut membuat tanah di sini cukup subur yang cocok untuk bertanam apapun. Hasil perkebunannya meliputi karet, kopi, cokelat, kelapa, buah-buahan dan beragam rempah.

18. Taman Gandrung Terakota

(Ardian Fanani/detikTravel)(Ardian Fanani/detikTravel)


Taman Gandrung Terakota dibangun di lahan persawahan terasering di kaki Gunung Ijen, tepatnya kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Taman Gandrung Terakota ini menjadi sebuah 'Situs Rawat Ruwat' seni budaya, dalam satu kawasan bukit hijau dan hamparan sawah yang di dalamnya tersaji lengkap dalam satu wilayah.

Ada amfiteater terbuka, galeri seni rupa, pementasan dramatari, perhelatan musik, dan beragam tanaman endemik daerah setempat dipadukan dengan patung-patung Gandrung tersebut.

19. Taman Blambangan

Setiap malam minggu di Taman ini selalu digelar pentas seni yang menampilkan keragaman budaya Banyuwangi. Ruang yang dijadikan panggung adalah di sisi barat dari taman yang bersisian dengan Gelanggang Seni dan Budaya (Gesibu).

(Putri Akmal/detikcom)(Putri Akmal/detikcom)


Tak hanya menyajikan kesenian daerah di Taman ini juga tersedia tempat bermain anak, wall climbing, lapangan basket dan lapangan skate board. Bagi anda yang merasa ingin wisata kuliner juga ada 'Stand Kuliner Blambangan' di bagian barat Taman.

20. Geopark Gunung Rante

Geopark Gunung Rante ini masih berada sekitar TWA Kawah Ijen. Gunung ini berhadapan langsung dengan Gunung Ijen. Jaraknya tak jauh, hanya sekitar 100 meter dari areal parkir Paltuding.

Di Gunung ini, pendaki bisa melihat pemandangan 180 derajat kota Banyuwangi. Tak hanya itu keindahan alam mulai laut, Gunung dan daratan rendah Banyuwangi terpampang luas. Jika pagi dan sore hari, dipuncak Gunung Rante pendaki bisa merasakan hidup diatas awan. Karena sebagian Gunung akan tertutup awan putih.

(bnl/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED