Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Jun 2019 14:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Semarang Punya Kolam Renang di Tengah Hutan Pinus

Aji Kusuma
detikTravel
(Aji Kusuma/detikcom)
(Aji Kusuma/detikcom)
Semarang - Liburan ke Semarang ada kolam renang cantik yang menunggu kamu. Namanya Wana Wisata Curug Semirang, kolam yang berada di tengah hutan pinus. Sejuk!

Berada di kaki Gunung Ungaran, menjadikan Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, memiliki potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, yakni Wana Wisata Curug Semirang.

detikcom berkesempatan mengunjungi Desa Gogik, yang hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Ungaran. Begitu memasuki Desa Gogik, udara segar dan pemandangan khas pedesaan memanjakan mata kami.

Sesampainya kami di lokasi Curug Semirang, tampak puluhan anak-anak sedang berasyik ria berenang di sebuah kolam renang yang berada diantara teduh hutan pinus. Lengkap dengan gemericik suara air yang bersumber dari aliran Curug Semirang, semakin menambah keriangan berenang anak-anak sore itu.

BACA JUGA: Ingat, Lawang Sewu Tak Lagi Angker

Plt Kepala Desa Gogik, Sri Errita Haryanti SS.M.Par, menjelaskan bahwa saat ini, pihaknya sedang menyempurnakan pembangunan kolam renang. Banyak fasilitas penunjang ia harapkan bisa segera terealisasikan untuk mendorong geliat ekonomi kreatif di Desa Gogik.

(Aji Kusuma/detikcom)(Aji Kusuma/detikcom)


"Jadi saat ini kami sedang fokus menyelesaikan pembangunan kolam renang. Saat ini kami dibantu CSR dari PT PLN untuk pengembangan fasilitas wisata di sini. Nanti selain kolam renang kami juga akan membangun rumah pohon, flying fox dan Coffee Shop," jelas Errita saat ditemui detikcom, di Wana Wisata Curug Semirang, Jumat (21/06/2019).

Pantauan detikcom di lapangan, untuk menuju lokasi kolam renang, pengunjung tak perlu berjalan jauh dan melewati tanjakan terjal. Cukup berjalan kaki sekitar lima menit dari lokasi parkir. Sedangkan untuk tiket masuk, setiap pengunjung dikenakan biaya Rp 9.000.

"Biaya tiket masuk sudah termasuk registrasi menuju curug dan kolam renang. Hanya saja butuh kekuatan ekstra untuk sampai ke Curug, karena medannya cukup menantang. Kalau yang berhalangan untuk ke Curug, bisa bermain di sini. Ada jembatan gantung dan kolam renang, nggak perlu jalan kaki jauh. Kalau soal jam kunjungan, kami mulai buka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB," tegas Errita.

(Aji Kusuma/detikcom)(Aji Kusuma/detikcom)


Salah seorang pengunjung kolam renang, Nadisya, mengaku senang bisa bermain di Kolam Renang Curug Semirang. Gadis kelas 4 SD yang datang bersama ayahnya itu berharap bisa datang kembali bersama kawan-kawannya.

"Lain kali ke sini lagi sama ibu dan teman-teman. Airnya dingin enak, sejuk juga udaranya. Air di kolam juga bersih karena sungai dari curug kan mengalir terus," terang Nadisya.

(Aji Kusuma/detikcom)(Aji Kusuma/detikcom)


Pengelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Gogik, Rochadi Madhib, menjelaskan, Kolam Renang Curug Semirang mulai beroperasi sejak libur lebaran. Menurutnya, keberadaan kolam renang meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke lokasi Curug Semirang.

"Kunjungan biasanya saat liburan itu tidak sampai seratus orang, tetapi saat ada kolam bisa mencapai lebih 150 orang dalam sehari. Pemdes dan LMDH akan terus bekerjasama untuk mengembangkan Curug Semirang, supaya bisa menjadi bagian destinasi wisata tujuan di Kabupaten Semarang," tandas Rochadi.

(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA