Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jul 2019 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Erupsi, Upacara Kemerdekaan di Gunung Bromo Tetap Diizinkan

M Rofiq
detikTravel
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Ulet Ifansasti/Getty Images)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Probolinggo - Gunung Bromo sempat erupsi pekan lalu. Tapi, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) tetap mengizinkan upacara kemerdekaan 17 Agustus mendatang.

Kepala Seksi Wilayah 1 BBTNBS, Sarmin mengatakan, upacara di sekitar Bromo tetap diizinkan, asalkan berada di zona aman. Ini artinya diluar radius 1 kilometer, kawah aktif Gunung Bromo.

Menurut Sarmin, biasanya upacara kemerdekaan digelar di sekitar Pasir Berbisik, atau areal kaldera lautan pasir Gunung Bromo. Namun demikian, untuk pengibaran atau pembentangan di bibir kawah Gunung Bromo tidak diperbolehkan.

"Untuk di zona aman masih diperbolehkan menggelar upacara kemerdekaan RI, tapi kalau pengibaran atau pembentangan bendera di bibir kawah itu yang dilarang. Namun lebih lanjut, kita sesuaikan dengan kondisi aktivitas Gunung Bromo," jelas Rabu (24/7/2019).


Sarmin mengatakan, meski hari kemerdekaan Republik Indonesia tinggal beberapa pekan lagi. Namun sampai saat ini, masih belum ada instansi atau komunitas yang mengajukan izin, akan melaksanakan upacara di Bromo.

Sementara disebutkan Sarmin, pasca erupsi Bromo pekan lalu, tingkat kunjungan wisatawan mengalami penurunan hingga 50 persen. Biasanya dalam sehari pengunjung bisa mencapai lebih dari seribu orang, saat ini hanya sekitar 800-an orang saja yang berkunjung ke Bromo.

Usainya momen liburan sekolah, diduga juga menjadi faktor penyebab menurunnya tingkat kunjungan wisatawan ke Bromo menurut Sarmin.

"Sekarang menurun tingkat kunjungan wisatawan ke Bromo dan cenderung landai, namun Agustus mendatang diprediksi akan meningkat kembali," jelasnya.

Simak Video "Menikmati Pemandangan Gunung dengan Bersepeda, Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA