Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jul 2019 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ke Tanah Lot, 7 Keindahan Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan!

Lusiana Mustinda
detikTravel
Tarian kecak di Tanah Lot. Foto: Johanes Randy
Tarian kecak di Tanah Lot. Foto: Johanes Randy
Jakarta - Bali, pulau cantik milik Indonesia yang jadi favorit wisatawan mancanegara. Tanah Lot jadi salah satu tempat wisata favorit di Bali. Ini 7 keindahannya!

Bali punya banyak sekali keindahan alam yang mempesona. Bahkan, Bali jadi tempat wisata pilihan orang-orang penting dunia seperti mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi.

Tanah Lot beralamat di Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Keindahan tanah lot menjadi magnet bagi para wisatawan. Kalau mampir ke sini, ketahui dulu 7 spot menarik yang tak boleh kamu lewatkan.

1. Banyak Pura

Tanah Lot tidak hanya memiliki dua pura, tetapi banyak pura yang ada di sekitarnya. Selain Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong, kamu juga bisa menghampiri beberapa pura lain yaitu:

. Pura Jero Kandang
. Pura Penyawang
. Pura Penataran
. Pura Pekedungan
. Pura Batu Mejan atau Pura Beji
. Pura Enjung Galuh

Tanah Lot Bali yang indah.Tanah Lot Bali yang indah. Foto: (iStock)

2. Gua Ular Suci

Dinamakan gua ular suci karena di gua ini menyimpan ular-ular yang diyakini sebagai penjaga gua. Ada 3 jenis ular yang ada di sini yaitu jenis ular laut kulit belang hitam putih, berekor putih dan berbisa.

Para wisatawan boleh berfoto dengan ular-ular yang ada di sini. Jangan khawatir, pasalnya ular-ular tersebut diawasi oleh pawangnya dan kamu cukup membayar secara sukarela.


3. Gua Air Suci

Gua air suci tempatnya persis di depan gua ular suci. Gua air suci merupakan gua sumber air tawar yang disebut Tirta Pabersihan yang airnya kini dikeramatkan. Air suci ini tak hanya dijadikan sebagai keperluan ibadah umat Hindu, tapi juga dapat diminum wisatawan atau sekadae membasuh tangan dan wajah.

4. Pulau Karang

Tanah Lot dikenal sebagai tempat ibadah umat Hindu yang terletak di atas sebuah batu karang besar. Keindahan yang bisa dilihat dari pulau karang ini selalu jadi incaran tiap wisatawan.

Pulau Karang menjadi tumpuan utama dua bangunan Pura yang jadi ikon Bali yakni Pura Luhur dan Pura Bolong. Saat air laut surut, kalian bisa melihat dua pura ini. Namun jika air sedang pasang, maka jalanan akan tertutup dan hanya bisa dilihat dari dasar laut saja.

Tanah Lot memiliki beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi.Tanah Lot memiliki beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi. Foto: dok. Pemkab Tabanan

5. Upacara Keagamaan

Keistimewaan dari Tanah Lot ini adalah dapat menyaksikan upacara keagamaan. Salah satu upacara yang bisa kamu saksikan adalah upacara keagamaan Piodalan (hari jadi pura). Upacara ini dilaksanakan setiap 210 hari sekali menurut kalender Saka.

Jadi kalau pas momennya, kamu bisa melihat iring-iringan umat Hindu membawa sesajen menuju pura.

6. Sunset

Selanjutnya, ada yang menarik dari Tanah Lot yaitu keindahan sunsetnya. Ingin menikmati sunset di sini? Datanglah pada pukul 17.00. Karena waktu ini dianggap sebagai waktu yang tepat untuk menikmati sunset sambil melihat pertunjukan Kecak Dance Fire Show di Taman Budaya Surya Mandala yang letaknya ada di sebelah barat Pura Batu Bolong atau Restoran Melasti.

Namun, jika ingin melihat pertunjukan ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 50 ribu per orang.

Tanah Lot di Bali yang tak pernah sepi wisatawan.Tanah Lot di Bali yang tak pernah sepi wisatawan. Foto: (Derid/d'Traveler)


7. Bermain Air Laut

Meskipun ada beberapa mitos seputar Tanah Lot. Namun tetap saja tempat ini wajib ada dalam list liburan kamu di Bali. Bermain dengan air laut sambil berfoto berlatar pemandangan indah jadi hal wajib.

Tertarik untuk datang ke sini? Tanah Lot bisa kamu kunjungi setiap hari pukul 07.00 sampai 19.00 WITA. Harga tiket domestiknya Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Yuk mampir!








Simak Video "Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA