Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Agu 2019 08:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Harga Satu Ekor Domba Batur Bisa Rp 20 Juta

Uje Hartono
detikTravel
Foto: (Uje Hartono/detikcom)
Foto: (Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Harga Domba Batur (Dombat) memiliki bentuk yang unik denan ciri memiliki bulu tebal. Namun tidak hanya itu, domba ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi.

Seperti Dombat milik Hadiono (48). Warga Desa Batur, Banjarnegara ini mengatakan domba miliknya dijual dengan harga mencapai Rp 20 juta untuk satu ekor. Menurutnya, semakin bertambahnya usia, harganya pun semakin tinggi. Bahkan beberapa Dombat dijual setara dengan harga satu ekor sapi.

"Ada tiga jenis Domba Batur, yakni Merino, texel dan sufolk. Tetapi yang kualitasnya paling bagus adalah jenis merino," ujarnya saat ditemui di Dieng, Sabtu (3/8/2019).

Harga Satu Ekor Domba Batur Bisa Rp 20 JutaFoto: (Uje Hartono/detikcom)


Tidak hanya itu, Hadiono mengatakan, Dombat yang memiliki harga tinggi yakni yang memiliki mulut rapi, kuping lancip dan besar. Selain itu, juga dari kening hingga hidung tidak terdapat bulu.

"Kalau harga normal itu antara Rp 2,5 juta hingga Rp 5 juta per ekor Dombat. Tetapi kalau lebih dari dua tahun biasanya harga sudah sampai Rp 10 juta lebih," jelasnya.

Harga Satu Ekor Domba Batur Bisa Rp 20 JutaFoto: (Uje Hartono/detikcom)


Menurutnya, penjualan Dombat tidak hanya di lingkungan batur, namun ke berbegai kota. Seperti Medan, Surabaya dan beberapa kota lainnya.

"Ada juga yang pernah menjual hingga Malaysia. Jadi memang jauh-jauh," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Banjarnegara Totok Setya Winarna membenarkan harga Domba Batur bisa mencapai harga puluhan juta. Terlebih, domba tersebut pernah memenangi lomba.

"Kalau sudah menang lomba ini juga mempengaruhi harga. Ada yang bisa mencapai Rp 25 juta untuk satu ekor Dombat," kata dia.

BACA JUGA: 20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Simak Video "Kades Terpilih Dilaporkan Hilang, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA