Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Agu 2019 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Religi ke Masjid Unik Berbentuk Perahu di Jakarta

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Masjid Perahu (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Foto: Masjid Perahu (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Jelang perayaan Tahun Baru Islam, kamu bisa berkunjung ke masjid unik ini. Inilah Masjid Al Munada Baiturrahman yang berbentuk perahu dekat Kota Kasablanka.

Berlokasi cukup tersembunyi di balik megahnya Jakarta, ada satu masjid dengan bentuk yang tak biasa. Masjid ini bisa jadi destinasi wisata religi buat traveler jelang perayaan Tahun Baru Islam.

Masjid unik yang dimaksud adalah Masjid Agung Al Munada Darussalam Baiturrahman, atau lebih terkenal dengan sebutan Masjid Perahu. Disebut demikian, karena bentuk bangunan masjid ini memang menyerupai perahu.

Masjid unik ini dibangun oleh KH Abdurrahman Massum. Bangunan perahu dan masjidnya dibangun bersamaan pada tahun 1962 silam. Bangunan berbentuk kapal tersebut terinspirasi oleh bahtera Nabi Nuh.

Wisata Religi ke Masjid Unik Berbentuk Kapal di JakartaFoto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Lokasi Masjid Perahu ini ada di Jl Casablanca No 38, Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Diapit gedung pencakar langit, Masjid Perahu hanya bisa diakses menggunakan motor atau jalan kaki saja.

Masjid Perahu memiliki banyak keunikan lain, yakni ada Al Quran raksasa 2X1 meter, kayu gelondongan sebagai tiang, ukiran Al Quran kayu jati, koleksi batu giok, emas 3 kg di atap masjid dan ada batu di depan pintu yang tak diubah semenjak dulu.

Wisata Religi ke Masjid Unik Berbentuk Kapal di JakartaFoto: (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Traveler bisa berkunjung ke Masjid Perahu ini menjelang peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Selain bisa berwisata religi ke Masjid Perahu, traveler juga bisa berkunjung ke Jakarta Muharram Festival.

Festival ini bakal digelar di Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu, 31 Agustus 2019. Acara ini akan dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Opick, Pasha, Wali, Bimbo, Fatin, dan masih banyak lagi.

Saksikan Jakarta Muharram Festival live di Trans TV mulai pukul 20.00 dan live streaming di detikcom pukul 17.00 WIB.

Simak Video "Masjid Unik, Jember"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA