Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Sep 2019 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ada Jejak BJ Habibie di Taman Pintar Yogya

Usman Hadi
detikTravel
Jejak-jejak mendiang BJ Habibie di Taman Pintar Yogya (Usman Hadi/detikcom)
Jejak-jejak mendiang BJ Habibie di Taman Pintar Yogya (Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Wahana wisata edukasi Taman Pintar Yogyakarta tak bisa dilepaskan dari mendiang BJ Habibie. Presiden ke-3 RI itu beberapa kali datang ke sana.

"Jadi Pak Habibie itu tiga kali kalau nggak salah ke Taman Pintar," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (12/9/2019).

Ada beberapa peninggalan BJ Habibie di Taman Pintar. Salah satunya adalah tapak tangan dan kaki yang terpajang di zona tapak presiden di halaman depan Taman Pintar. Tapak tersebut ditandatangani 08 Oktober 2005.

"Di situ tidak hanya tapak tangan dan kaki, tapi juga ada pesan baik itu tertulis maupun juga ada pesan-pesan suara di situ. Di samping itu juga ada juga namanya model pesawat cessna yang diberikan ke Taman Pintar," tuturnya.

Tapak tangan BJ Habibie di Taman Pintar Yogya (Usman Hadi/detikcom)Tapak tangan BJ Habibie di Taman Pintar Yogya (Usman Hadi/detikcom)


Selain itu, profil BJ Habibie juga terpampang dalam display. Sementara momen-momen penting yang dialami BJ Habibie kala menjabat presiden juga terdokumentasi dengan rapi di zona Kepresidenan Taman Pintar.

"(Kunjungan BJ Habibie) yang terakhir itu pada tahun 2012 beliau ke Planetarium Taman Pintar dan saat itu beliau sangat bangga bahwa ada anak negeri yang bisa membuat planetarium seperti ini," ungkap Afia Rosdiana.

Foto saat BJ Habibie dilantik menjadi presiden (Usman Hadi/detikcom)Foto saat BJ Habibie dilantik menjadi presiden (Usman Hadi/detikcom)


Planetarium di Taman Pintar Yogya yang dipuji mendiang BJ Habibie (Usman Hadi/detikcom)Planetarium di Taman Pintar Yogya yang dipuji mendiang BJ Habibie (Usman Hadi/detikcom)


BACA JUGA: Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia

Sementara Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan BJ Habibie merupakan salah satu sosok yang memberikan support kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengembangkan Taman Pintar.

"Pak Habibie memberikan supporting yang luar biasa, dan merasa senang karena Taman Pintar bisa memberikan sebuah wawasan tentang bagaimana teknologi itu bisa dipahami lebih mudah oleh anak-anak," katanya.

"Termasuk beliau yang mendukung luar biasa terhadap terbangunnya Taman Pintar, yang sekarang juga Taman Pintar ini juga menjadi model (wahana edukasi) yang banyak akan ditiru oleh kota-kota lain," pungkas Heroe.

(Usman Hadi/detikcom)(Usman Hadi/detikcom)


BACA JUGA: Bendera Setengah Tiang Untuk Habibie di Pulau Miangas



Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(ush/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA