Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tangga yang Jadi Saksi Bisu BJ Habibie Membangun Batam

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Taman Wisata Habibie Tangga 1000 di Batam (Google Maps)
Taman Wisata Habibie Tangga 1000 di Batam (Google Maps)
Batam - Semasa hidupnya, Batam jadi tempat spesial bagi mendiang BJ Habibie. Di Kelurahan Tanjungpinggir malah ada deretan tangga yang jadi saksi bisu kerja kerasnya.

Sebelum menjadi Presiden Ketiga Indonesia, mendiang BJ Habibie pernah ditugaskan oleh Presiden Kedua Soeharto untuk membangun Batam akhir tahun 70-an. Dalam periode hidupnya tersebut, BJ Habibie diketahui tinggal di sebuah villa di sekitar Bukit Dangas, Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

"Beliau tinggal di villa di sekitaran Bukit Dangas, yang sarana tersebut berupa tangga menuju bukit dan laut digunakan untuk rekreasi dan olahraga," ujar Kadisparprov Kepri, Buralimar saat dihubungi detikcom, Jumat (13/9/2019)

Dahulu mendiang BJ Habibie pernah tinggal di villa dekat sini (Google Maps)Dahulu mendiang BJ Habibie pernah tinggal di villa dekat sini (Google Maps)


Tak hanya tinggal, BJ Habibie juga diketahui sering menyisihkan waktu untuk berolahraga santai seperti jogging dan berekreasi. Salah satunya di deretan tangga dekat villanya tersebut.

"Dibangun sekitar tahun 1980, tangga tersebut untuk Habibie berolahraga menyusuri pantai bukit," ujar Buralimar.

BACA JUGA: Jasa BJ Habibie Untuk Dunia Aviasi Indonesia

Selepas kepergian BJ Habibie, villa dan tangga itu pun disebut terbengkalai. Hanya atas inisiatif warga, tangga tersebut akhirnya dijadikan Taman Wisata Habibie Tangga 1000 untuk menghormati beliau.

"Terbiarkan selama ini, oleh masyarakat setempat diberdayakan sebagai destinasi wisata," pungkas Buralimar.

Kini tempat ini jadi objek wisata (Google Maps)Kini tempat ini jadi objek wisata (Google Maps)


Apabila singgah ke sana, traveler pun masih bisa melihat tangga yang dahulu kerap dipakai oleh mendiang BJ Habibie berolahraga. Malah, masih dapat dijumpai reruntuhan villa BJ Habibie yang telah dipagari.

Masih di lokasi yang lama, traveler juga bisa berwisata ke pantai yang berada tak jauh. Tepat di seberangnya dapat ditemui Pulau Putra yang juga sempat jadi kediaman BJ Habibie dulu.

Untuk berwisata di Taman Wisata Habibie Tangga 1000, traveler cukup membayar biaya Rp 5 ribu per orang. Belum termasuk parkir motor Rp 2 ribu dan Rp 5 ribu untuk mobil.

BACA JUGA: BJ Habibie dan Inspirasi untuk Pergi ke Jerman




Simak Video "Mie Lendir, Batam, Kepulauan Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA