Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 15 Sep 2019 17:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Oh Rote, Pantai-pantaimu Itu Lho!

Afif Farhan
detikTravel
Rote, deretan pantainnya sungguh indah (Afif Farhan/detikcom)
Rote, deretan pantainnya sungguh indah (Afif Farhan/detikcom)
Rote - Rote, pulau selatan terdepan Indonesia dianugerahi deretan pantai yang indah. Pasir putih, ombak menggoda dan gugusan bebatuan karangnya, bikin jatuh cinta!

20-26 Agustus 2019, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

BACA JUGA: Bukan di Afrika, Ini di Selatan Indonesia

Kedatangan kami disambut oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu. Dirinya menjelaskan, potensi utama pariwisata di Rote adalah pantai.

"Kami punya banyak pantai yang indah, banyak sekali. Ada Pantai Nemberala, Batu Pintu, Pantai Oeseli, Pantai Tiang Bendera, Pantai Lifulada hingga Mulut Seribu yang seperti di Raja Ampat," kata Paulina membuka percakapan.

Kota terbesar di Pulau Rote adalah Kota Ba'a. Dari sini, wisatawan bisa memulai perjalanan ke berbagai pantai-pantai di Rote. Tiap 10 kecamatan di Rote, memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Lifulada (Afif Farhan/detikcom)Pantai Lifulada (Afif Farhan/detikcom)


Namun ingat, beberapa pantainya masih sulit terjamah karena akses yang belum memadai. Ada baiknya pula, wisatawan menyiapkan uang cash ketika berada di Kota Ba'a. Tenang saja, ada ATM BRI di sana.

BACA JUGA: Cantiknya Tempat Jokowi Cuci Muka di Selatan Indonesia

Paling populer di Pulau Rote adalah Pantai Nemberala. Berada di Kecamatan Rote Barat, pantai ini sudah memiliki fasilitas penunjang pariwisata yang memadai. Ada resort, homestay, kios hingga penyewaan sepeda motor.

"Pantai Nemberala itu tempatnya surfing. Sudah banyak turis mancanegara datang ke sana," ujar Frengky, salah satu pemandu wisata di Rote yang menemani Tim Tapal Batas detikcom.

Pantai Nemberala (afif Farhan/detikcom)Pantai Nemberala (Afif Farhan/detikcom)


Surfing di Pantai Bo'a (Istimewa)Surfing di Pantai Bo'a (Istimewa)


Tak jauh dari Pantai Nemberala, bergeser ke arah selatan terdapat Pantai Lifulada dan Pantai Boa'a. Hamparan pasir putih di pantai-pantainya begitu halus nan memesona.

Kecamatan Rote lainnya, seperti Rote Barat Daya memiliki Pantai Batu Pintu. Disebut seperti itu, sebab terdapat suatu batuan karang besar yang bagaikan pintu besar. Lewat situ, kita akan masuk ke bibir pantainya dengan hamparan pasir putih nan menggoda.

Belum lagi, jejeran bebatuan karang menambah eksotis panoramanya. Silakan jelajahi pantainya, atau naik ke atas perbukitan untuk memotretnya juga asyik!

Pantai Batu Pintu (Afif Farhan/detikcom)Pantai Batu Pintu (Afif Farhan/detikcom)


BACA JUGA: Pantai Unik di Indonesia: Tiang Bendera

Beralih ke Kecamatan Rote Timur, yang jaraknya cukup jauh sekitar 2 jam naik mobil dari pusat Kota Ba'a terdapat Mulut Seribu. Disebut-sebut kembarannya Raja Ampat!

Gugusan pulau karang di tepian pantainya sungguh menawan. Perairannya jernih, bergradasi biru dan hijau toska. Ditambah pulau-pulau karang kecil, pemandangannya memang seperti di Raja Ampat saja.

Mulut Seribu yang bikin jatuh hati! (Afif Farhan/detikcom)Mulut Seribu yang bikin jatuh hati! (Afif Farhan/detikcom)


BACA JUGA: BRI Kucurkan KUR Rp 12,8 Miliar di Ba'a Rote Ndao

Sedangkan Pulau Ndana, merupakan pulau paling selatan terdepan. Lokasinya di selatan dari Pulau Rote yang menghadap dengan Samudera Hindia dan Australia. Pulau ini tak berpenghuni, hanya ditempat Satgas Pengamanan Pulau Terdepan dari TNI AD dan TNI AL.

Pulau Ndana punya pantai yang sungguh aduhai nan perawan. Tidak ada siapapun di sini, serasa memiliki pulau pribadi. Namun untuk ke sana, harus lapor ke tim Satgas yang berada di Pantai Oeseli ya.

Tim Satgas Pengamanan Pulau Terdepan sedang berpatroili di pantai Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)Tim Satgas Pengamanan Pulau Terdepan sedang berpatroili di pantai Pulau Ndana (Afif Farhan/detikcom)


Pantai-pantai di Rote adalah bukti. Bukti bahwa Indonesia itu sangat indah, sampai bagian paling selatannya.

Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com



Simak Video "Lihat Nih! Pulau Paling Selatan RI Pamer Seni Budaya"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA