Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Sep 2019 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Rote yang Indah Pelan-pelan Pariwisatanya Berbenah

Afif Farhan
detikTravel
Rote yang indah (Afif Farhan/detikcom)
Rote - Pelan-pelan, pulau selatan terdepan Indonesia, Rote membenahi diri dalam sektor pariwisata. Beberapa fasilitas penunjang wisata dan promosi digencarkan.

20-26 Agustus 2019, tim Tapal Batas detikcom bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjelajahi Kabupaten Rote Ndao di NTT. Kabupatennya berupa kepulauan dengan total 96 pulau. Namun, hanya 7 pulau yang berpenghuni dengan Pulau Rote sebagai yang paling besar.

Terdapat 10 kecamatan di Rote Ndao. Tiap kecamatan punya potensi wisata yang dapat dimaksimalkan.

BACA JUGA: Pemandian Paling Indah di Selatan Indonesia

"Kami punya potensi pariwisata yang sangat besar, sangat besar," kata Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu saat menyambut tim Tapal Batas detikcom.

Rote punya deretan destinasi wisata yang menawan (Afif Farhan/detikcom)Rote punya deretan destinasi wisata yang menawan (Afif Farhan/detikcom)


Menurut Paulina, pihak Pemkab terus membenahi sektor pariwisata. Dari hal-hal kecil seperti membenahi website berisikan informasi Kabupaten Rote Ndao, sampai mengadakan festival.

"Yang terbaru, nanti kita adakan festival di Mulut Seribu. Lewat festival, tentu kita mau mempromosikan pariwisata Rote Ndao agar namanya lebih mengaung lagi," terangnya.

BACA JUGA: Cantiknya Tempat Jokowi Cuci Muka di Selatan Indonesia

Berbagai festival mulai digelar di Rote (Afif Farhan/detikcom)Berbagai festival mulai digelar di Rote (Afif Farhan/detikcom)


Apa saja sih tantangan menggembangkan pariwisata Rote?

"Akses ke tempat-tempat wisata masih belum memadai, walau akses jalanan utama di Rote sudah sangat bagus," jawab Paulina.

Akses yang dimaksud adalah jalanan menuju suatu objek wisata. Beberapa jalanannya masih berupa kerikil bebatuan, sehingga wisatawan harus berhati-hati kala berkendara.

Beberapa aksesnya masih sulit dilewati (Afif Farhan/detikcom)Beberapa aksesnya masih sulit dilewati (Afif Farhan/detikcom)


"Anggaran kita pun belum besar untuk membenahi pariwisata, namun itu bukan menjadi alasan. Kami mengajak dan merangkul masyarakat untuk mengurus objek-objek wisata, sejauh ini responnya sangat bagus," terang Paulina.

Misalnya saja, pihak Pemkab Rote Ndao suka mengerjakan kerja bakti. Masyarakat diajak membersihkan sampah-sampah.

Larangan buang sampah sembarangan sudah tersedia di beberapa pantai di Rote (Afif Farhan/detikcom)Larangan buang sampah sembarangan sudah tersedia di beberapa pantai di Rote (Afif Farhan/detikcom)


BRI, selaku bank negara pun mempunyai andil untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Rote. Melalui program-programnya, masyarakat Rote bisa membuka usaha kios untuk menyediakan kebutuhan wisatawan serta menjalankan usaha berbagai produk suvenir.

BACA JUGA: BRI Bantu UMKM di Rote Ndao Go Online

Rote pun pelan-pelan berbenah. Tak perlu berlari kencang, asal konsisten dan terus berlanjut. Berbagai stakeholder pariwisata, termasuk dari pemerintah pusat dapat turut membantu.

Sehingga Rote menjadi bukti, betapa indahnya negeri Indonesia ini sampai selatan terdepannya. Jangan sampai potensi pariwisata Rote seperti pantai, ombak dan padang savananya sia-sia. Jangan.

(Afif Farhan/detikcom)(Afif Farhan/detikcom)


Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com



Simak Video "Perjalanan dan Perjuangan Mantri BRI di Pulau Paling Selatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA