Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Sep 2019 17:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

10 Suku di Indonesia yang Jumlah Populasinya Paling Banyak

Lusiana Mustinda
detikTravel
Suku di Indonesia. Foto: Muchamad Irfan/d'Traveler
Jakarta - Indonesia dikenal dengan semboyannya yang berbunyi 'Bhinneka Tunggal Ika' karena memiliki keanekaragaman mulai dari suku hingga agama. Ada banyak suku di Indonesia yang masih memegang teguh dengan prinsip adat istiadatnya.

Berdasarkan data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2010, terdapat 1.331 suku di Indonesia berdasarkan provinsi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan jumlah suku di Indonesia 2019 belum diketahui secara pasti.




Penasaran apa saja suku di Indonesia dengan lengkap? Yuk, simak berikut ini daftar 10 suku-suku di Indonesia dan asalnya:

1. Suku Jawa

Suku terbanyak di Indonesia adalah suku Jawa yang berasal dari provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Suku ini memiliki jumlah sekitar 40% dari total suku bangsa yang ada di Indonesia. Suku Jawa terkenal dengan budaya dan keseniannya yang sebagian besar dipengaruhi oleh agama Hindu-Budha, contohnya pementasan seni wayang.

2. Suku Sunda

Suku sunda merupakan suku terbesar kedua di Indonesia. Banyak yang sudah mengenal suku ini karena permainan musik khasnya yang berbahan baku bambu, yaitu angklung. Faktanya orang Sunda merupakan orang yang pertama kali melakukan hubungan diplomatik dengan bangsa lain, orang tersbeut ialah Sang Hyang Surawisesa atau Raja Samian. Ia melakukan hubungan diplomatik dengan orang Portugis di Malaka pada abad ke-15. Hal itu dibuktikan dalam Prasasti Pernjanjian Sunda-Portugal.

3. Suku Batak

Selanjutnya, ada suku Batak yang merupakan sebutan kolektif bagi penduduk dari daerah Tapanuli dan Sumatera Utara. Rupanya ada beberapa bagian dari suku Batak antara lain Suku Batak Toba, Batak Pakpak, Batak Mandailing, Batak Simalungun dan Batak Karo.

4. Suku Madura

Berdasarkan sensus tahun 2010, suku Madura termasuk memiliki populasi besar sekitar 7.179.356 jiwa di Indonesia. Suku ini berasal dari daerah Madura dan sekitar provinsi Jawa Timur. Suku ini juga banyak bertransmigrasi ke wilayah lain seperti ke Pulau Kalimantan Tengah dan Barat.

5. Suku Betawi

Suku Betawi umumnya bertempat tinggal di wilayah Jakarta karena merupakan keturunan penduduk di Batavia sejak abad ke-17 loh Detikers. Suku ini juga termasuk suku terkenal di antara suku lainnya di Pulau Jawa dan memiliki maskot berupa boneka ondel-ondel.

6. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau atau biasa dikenal dengan suku Minang karena merujuk pada kultural dan geografis. Suku Minang merupakan pewaris dari tradisi lama Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang senang berdagang.

7. Suku Bugis

Kata Bugis berasal dari kata 'To Ugi' yang berarti orang Bugis. Suku Bugis merupakan sekelompok etnis yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan. Suku ini termasuk ke dalam suku-suku Melayu Deutero yang telah masuk ke wilayah Indoensia setelah terjadinya gelombang migrasi pertama dari daratan Asia. Kini, orang-orang Bugis banyak merantau ke berbagai provinsi di Indonesia hingga mancanegara.

8. Suku Melayu

Suku yang dibahas selanjutnya ialah suku Melayu. Suku ini merupakan kelompok etnis dari orang-orang Austronesia yang menghuni semenanjung Malaya hingga Pulau Kalimantan pesisir termasuk Malaysia yang disebut dengan alam Melayu. Nama Melayu berasal dari Kerajaan Melayu yang pernah ada di Sungai Batang Hari, Jambi. Pemakaian Melayu meluas hingga ke luar Sumatera dan terus berkembang hingga ke Pulau Jawa, Kalimanta dan Semenanjung Malaysia.

9. Suku Arab

Suku ini merupakan suku yang memiliki darah campuran Arab dan pribumi Indonesia. Awal kedatangannya, mereka tinggal di perkampungan Arab yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sayangnya, pada masa penjajahan Belanda mereka dianggap sebagai bangsa timur asing bersama dengan suku Tionghoa-Indonesia dan suku India-Indonesia.

10. Suku Banten

Suku Banten adalah salah satu suku terbesar selanjutnya yang juga merupakan orang Sunda yang menghuni bekas daerah kekuasaan Kesultanan Banten. Orang Banten pada umumnya menggunakan Bahasa Banten, salah satu dialek Bahasa Sunda yang lebih mengarah ke bahasa Sunda kasar.






Simak Video "Kerajinan Sepatu Kulit Reptil Way Halim Permai Sukarame Bandar Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT