Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 21 Sep 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cari Penginapan Buat Surfing di Simeulue? Ini Rekomendasinya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pondok di Ranu Surf Camp (Randy/detikcom)
Simeulue - Bicara Simeulue di Pulau Sinabang, identik dengan olahraga surfing yang digemari turis asing. Buat kamu yang mau surfing, penginapan ini bisa jadi rekomendasi.

Di kalangan pecinta surfing, lokasi penginapan dengan ombak menjadi salah satu faktor penting. Nah, Ranu Surf Camp yang berlokasi di Matanurung, Kecamatan Teupah Tengah agaknya paham betul akan soal itu.

Tim detikcom bersama Bank BRI pun sempat berkunjung ke penginapannya yang berjarak sekitar sembilan menit perjalanan dengan mobil dari Bandar Udara Lasikin, pada 28 Agustus-5 September 2019 lalu.

Hamparan pohon kelapa hingga sejumlah penginapan bergaya cottage alami tampak berbaris dari area parkir. Setibanya di lokasi, rombongan detikcom pun disambut oleh pria bersahaja bernama Ranu Amilus. Ya, ia adalah putra lokal Simeulue sekaligus pemilik Ranu Surf Camp yang juga adalah nasabah Bank BRI.

Penginapan ini dikelola olah warga asli Simeulue (Randy/detikcom)Penginapan ini dikelola olah warga asli Simeulue (Randy/detikcom)

Dijelaskan oleh Ranu, nama Simeulue kian populer sebagai destinasi surfing pasca tragedi Tsunami Aceh tahun 2004 silam. Tak sedikit turis asing yang datang ke Simeulue karena terpikat ombaknya.

"Sebelum Tsunami, Simeulue ini hidden paradise. Hanya beberapa orang datang ke Simeulue, 20-30 orang per tahun," cerita Ranu.




Itu dulu, kini tak sedikit turis asing yang datang liburan ke Simeulue. Berlokasi dekat ombak, penginapan milik Ranu pun kerap didatangi oleh turis asing. Sekitar 80% di antaranya merupakan turis asal Negeri Kanguru, Australia.

"Bagi mereka ini ikon baru, tak ada crowded saingan," ujar Ranu.




Dalam pengembangannya, Ranu merupakan nasabah bank BRI dan sempat meminjam untuk membuat restoran di samping cottagenya. Selain menginap, tamu pun bisa bersantap hingga bersantai dengan nyaman.

Ditemui detikcom terpisah, Kepala Unit BRI Sinabang yang bernama Deny Syahputra mengaku telah membantu Ranu untuk memajukan usahanya. Tentu itu merupakan komitmen Bank BRI untuk nasabahnya.

"Ranu salah satu nasabah kita. Pertama sekali bang Ranu punya usaha kuliner, kita biayai sampai berkembang sampai mereka punya usaha resort yang bisa menerima tamu lokal dan internasional," pungkas Deny.

Ranu Amilus sang pemilik penginapan (Randy/detikcom)Ranu Amilus sang pemilik penginapan (Randy/detikcom)
Saat ini Ranu memiliki empat penginapan bergaya cottage yang berjajar tepat di samping restoran. Masing-masing dibuat bergaya alam dan dilengkapi pendingin udara hingga kipas.

Apabila ingin main surfing dan menginap di Ranu Surf Camp, rate per malamnya dimulai dari Rp 600 ribu- Rp 850 ribu per malam. Termasuk di dalamnya motor sewaan yang bisa traveler pakai untuk berburu ombak serta tiga kali makan.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Nikmati Surga Ombak Para Surfer Mancanegara di Kabupaten Simeulue"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA