Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tugu Lobster yang Jadi Kebanggaan Warga Sinabang

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Tugu Lobster di Simeulue (Rifkianto/detikcom)
Tugu Lobster di Simeulue (Rifkianto/detikcom)
Simeulue - Pulau Simeulue di Aceh dikenal akan lobster yang jadi hasil lautnya. Malah, sampai ada tugunya loh.

Dalam kunjungan Tim detikcom dan Bank BRI ke Pulau Simeuleu pada 28 Agustus hingga 5 September 2019 lalu, detikcom sempat singgah ke Tugu Lobster yang berada di Simeulue Timur.

Lokasinya berada tak jauh dari Masjid Agung Baiturahman dan bertetangga persis dengan Taman Kota Sinabang. Hanya ketika detikcom berkunjung ke sana, Tugu Lobster itu tampak kurang terawat.

Tugu yang jadi kebanggaan masyarakat Simeulue (Rifkianto/detikcom)Tugu yang jadi kebanggaan masyarakat Simeulue (Rifkianto/detikcom)
Di luar Tugu Lobsternya sendiri, traveler dapat menjumpai sejumlah instalasi lain yang menyimbolkan ombak. Hanya saja, instalasi ombak itu tampak bolong di sejumlah sisinya.

Tepat di belakangnya dapat dijumpai taman sederhana dengan sejumlah hiasan tumbuhan dan spot foto yang cukup menarik. Tak jauh dari tugu juga berdiri sederet rumah makan bergaya cafe yang sering jadi tempat nongkrong di malam hari.

Kondisinya kurang terawat (Rifkianto/detikcom)Kondisinya kurang terawat (Rifkianto/detikcom)
Menurut penuturan warga lokal, konon dahulu Tugu Lobster menjadi penyambut dari setiap wisatawan yang datang ke Simeulue. Tak mengapa, lokasinya persis menghadap dermaga layaknya Monumen Selamat Datang di Bundaran HI.

"Dulu dermaga feri sampai tahun 2014," ujar warga lokal di sana.




Karena kondisi dermaga yang sudah tak sebagus dulu, kini dermaga tersebut sudah mengalami senjakala. Namun, kadang masih ada kapal yang mengaitkan jangkar di sana.

Melihat kondisi Tugu Lobster kini, mungkin agak sedikit disayangkan. Sekiranya pihak Pemkab dapat memberi perhatian lebih untuk tugu yang jadi simbol kejayaan Pulau Simeulue.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Mantan Nelayan Berdayakan Masyarakat Lewat Usaha Kupas Kelapa"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA