Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 23:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Betoh So'on, Stonehenge van Java dari Bondowoso

Tim
detikTravel
Betoh Soon, Stonehenge van Java dari Bondowoso. (Foto: Chuk Shatu W/detikcom)
Betoh So'on, Stonehenge van Java dari Bondowoso. (Foto: Chuk Shatu W/detikcom)
Jakarta - Di Inggris ada situs bebatuan kuno nan misterius bernama Stonehenge. Nah, traveler sudah tahu kalau di Bondowoso, Jawa Timur ada pula destinasi wisata serupa yang tak kalah misterius?

Stonehenge, yang belum diketahui persis apa fungsinya di masa silam, berada di Amesbury di Wiltshire, Inggris. Situs batu raksasa bertumpuk ini telah masuk jadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nah, tak perlu jauh-jauh ke Inggris untuk melihat situs bebatuan serupa. Salah satu destinasi wisata yang punya kemiripan dengan Stonehenge bisa kamu temui di Bondowoso.

Betoh So'on, Stonehenge van Java dari BondowosoBetoh So'on, Stonehenge van Java dari Bondowoso. (Foto: Narulita Octaviani/detikcom)

Situs Stonehenge-nya Bondowoso ini tepatnya terletak di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Bondowoso, Jawa Timur. Kawasan ini berjarak sekitar 40 km atau dua jam perjalanan dari pusat kota.

'Betoh So'on'. Demikian penduduk setempat menyebut bukit berbatu setinggi 15-30 meter yang tersusun rapi menumpuk secara vertikal tersebut.

Betoh So'on, Stonehenge van Java dari BondowosoBetoh So'on, Stonehenge van Java dari Bondowoso. (Foto: Chuk Shatu W/detikcom)

Nama itu sendiri terindikasi diambil dari bahasa lokal warga setempat, yaitu Madura. Betoh (batu), So'on (sunggi, atau membawa barang ditaruh di kepala). Jadi, Batu So'on kira-kira bermakna batu yang bertumpuk-tumpuk seperti disunggi.




Dalam catatan detikcom, Betoh So'on juga tak kalah misteriusnya dengan Stonehenge. Belum diketahui persis kenapa bebatuan di Bondowoso ini bisa bertumpuk. Baru ada perkiraan bahwa batu-batu itu tersusun alami ribuan tahun lalu.

Selain Betoh So'on, kawasan Solor sendiri memanjakan traveler dengan panorama jelita. Dalam beberapa waktu terakhir, kelengkapan fasilitas penunjang pun terus dihadirkan. Tentunya agar para wisatawan kian betah main ke destinasi wisata yang kini juga disebut sebagai "Stonehenge van Java" ini.

Betoh So'on, Stonehenge van Java dari BondowosoBetoh So'on, Stonehenge van Java dari Bondowoso. (Foto: Chuk Shatu W/detikcom)




Simak Video "Cagar Warisan UNESCO di Meksiko Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA