Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 07 Okt 2019 08:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Monumen Simpang Lima Gumul Bikin Kediri Serasa di Paris

krs
detikTravel
Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri. (Foto: Aisa Marisa/dTraveler)
Monumen Simpang Lima Gumul di Kediri. (Foto: Aisa Marisa/d'Traveler)
Jakarta - Paling tidak ada satu hal yang bikin Kota Kediri memiliki kemiripan dengan kota Paris di Prancis. Itu adalah monumen kembaran Arc de Triomphe.

Monumen Simpang Lima Gumul. Demikian nama Arc de Triomphe ala Kediri yang berdiri gagah tepat di tengah-tengah persimpangan Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur ini. Dalam catatan detikcom, monumen ini dibangun tahun 2003 dan diresmikan lima tahun kemudian.




Tempat yang biasa disebut dengan singkatannya, Monumen SLG, ini memiliki tinggi tinggi 25 meter dan luas 804 meter persegi. Angka-angka itu sendiri merujuk ke hari jadi Kediri -- tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi.

Monumen Simpang Lima Gumul Bikin Kediri Serasa di ParisFoto: dok.detikcom

Nuansa Kediri kian kuat tercermin dari pahatan relief yang didapati di beberapa sisi Monumen Simpang Lima Gumul. Ada relief soal sejarah berdirinya kota Kediri, hingga kesenian dan kebudayaan yang ada sekarang.

Nah, karena Monumen Simpang Lima Gumul ini berada di tengah-tengah persimpangan, traveler yang datang tidak akan sulit mencari oleh-oleh khas Kediri atau berkuliner ria memanjakan perut di sekitaran lokasi.




Salah satu waktu rekomendasi datang ke Monumen Simpang Lima Gumul adalah di malam hari. Perpaduan cahaya lampu di sini, plus kerlip lampu jalan Kota Kediri, bisa diincar untuk menghasilkan foto-foto yang tak kalah keren bagaikan di Arc de Triomphe, Paris.

Monumen Simpang Lima Gumul Bikin Kediri Serasa di ParisFoto: (Muh Khaliq Gibran/d'Traveler)




Simak Video "Monumen Simpang Lima Gumul Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA