Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Okt 2019 21:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Fakta GWK Bali yang Bikin Kamu Ingin Datang ke sini

Lusiana Mustinda
detikTravel
GWK Bali. Foto: (Tezar Febriyansyah/dTraveler)
GWK Bali. Foto: (Tezar Febriyansyah/d'Traveler)
Jakarta - Tak hanya bisa memilih pantai, Bali juga memiliki tempat wisata yang keren. GWK Bali bisa jadi salah satu tempat yang kamu kunjungi. Ada apa saja ya di sana?

GWK Bali adalah salah satu kawasan taman budaya yang menjadi salah satu ikon pariwisata di Bali. GWS berlokasi Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.


Taman budaya Garuda Wisnu Kencana mempunyai ikon utama berupa patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai tunggangannya yaitu Garuda. Dirangkum oleh detikTravel, berikut ini beberapa fakta menarik soal GWS Bali yang perlu kamu tahu:

1. Tentang GWK Bali

GWS Bali merupakan karya seniman bernama I Nyoman Nuarta. I Nyoman Nuarta ini adalah maestro seni patung asal Bali, ia adalah lulusan Fakultas Seni Rupa ITB.

Peresmian patung GWK Bali ini dilakukan pada tanggal 22 September 2018 dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

2. Proses Pembangunan

GWK Bali adalah patung tertinggi di dunia. Hal ini tak mengherankan karena patung ini sudah dirintis sejak 28 tahun lalu. Bentuknya begitu rumit dan izin pembangunan GWK sendiri didapatkan I Nyoman Nuarta dari Presiden Soeharto tahun 1993.

Sayap garuda ini membentang hingga 64 meter ke kanan dan ke kiri. Para pekerja yang membantu memasang patung GWK Bali ini melibatkan 1.000 pekerja. Dengan ukuran patung Garuda Wisnu Kencana yang mencapai 121 meter, ini artinya tinggi patung melebihi patung Liberty.

3. Pertunjukan

Tak hanya bisa melihat megahnya patung Garuda Wisnu Kencana, akan tetapi kamu juga bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukkan seni khas Bali. Ada sekitar 7 tarian yang ditampilkan setiap harinya. Berikut ini jadwal pertunjukkan tari di Amhiteater GWK Bali:
- 10.00 Balinese Dance
- 11.00 Barong Keris Dance
- 12.00 Garuda Wisnu Ballet
- 13.00 Nusantara Dance
- 14.00 Barong Keris Dance
- 15.00 Balinese Dance
- 18.30 Kecak Garuda Wisnu

GWK Bali.GWK Bali. Foto: Ari Saputra

4. Berkeliling dengan GWK Loop

Luas dari GWK Cultural Park Bali ini adalah 60 hektar. Kalau kamu harus berjalan mengelilingi ini tentu akan melelahkan. GWK Loop bisa kamu manfaatkan untuk berkeliling ke sekitaran GWK Bali. GWK Loop selalu tersedia di dekat loket penjualan tiket dengan membayar Rp 20.000-an.

5. Spot "Instagramable"

Di GWK Bali terdapat banyak spot foto cantik. Salah satunya adalah di tebing batu yang terdapat di kawasan Lotus Pond dengan latar patung-patung tinggi yang sangat menarik.

6. Beli Oleh-oleh

Di GWK Bali juga terdapat toko dan restoran yang menjual beragam merchandise dan juga oleh-oleh khas Bali. Namun sayangnya harga barang di sana cukup tinggi.

Garuda Wisnu Kencana BaliGaruda Wisnu Kencana Bali Foto: (Syanti/detikTravel)

7. Harga Tiket Masuk

Untuk masuk kawasan GWK Cultural Park, traveler bisa membeli tiket terlebih dahulu di loket yang tersedia. Biayanya sekitar Rp 80 ribu untuk wisatawan domestik, dan Rp 125 ribu untuk wisatawan mancanegara.





(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA