Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Nov 2019 09:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Surga Bawah Laut Sulawesi yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Abdy Febriady
detikTravel
Foto: (Abdy Febriady/Istimewa Pengelola)
Foto: (Abdy Febriady/Istimewa Pengelola)
Polewali - Dunia bawah laut Indonesia sungguh kaya dan penuh pesona. Satu yang tak kalah cantik dan belum tersentuh adalah Gonda Mangrove Park di Sulawesi Barat.

Kabupaten Polewali Mandar, memiliki segudang potensi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya kawasan wisata Gonda Mangrove Park (GMP), di Dusun Gonda, Desa Laliko, Kecamatan Campalagian.

Berjarak sekitar 15 Kilometer dari Kecamatan Wonomulyo yang menjadi Pusat Perdagangan Kabupaten Polewali Mandar, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit saja, kawasan wisata GMP seluas lebih kurang 20 hektar ini menawarkan wisata edukasi hutan mangrove dan keindahan bawah lautnya.

Tercatat, ada sedikitnya 17 jenis mangrove yang tumbuh di tempat ini, serta 124 jenis ikan yang mudah dijumpai pada kedalaman beberapa meter saja. Kawasan wisata Gonda Mangrove Park juga diberkahi keindahan terumbu karang, yang memanjakan mata.

Surga Bawah Laut Sulawesi yang Belum Kamu TahuFoto: (Abdy Febriady/Istimewa Pengelola)

Untuk menikmati keindahan bawah lautnya, pengunjung cukup merogoh kocek senilai Rp 20 ribu rupiah saja, untuk menyewa satu set perlengkapan snorkeling, lengkap dengan sebuah perahu tradisional berukuran kecil.

Bagi pengunjung yang belum biasa bersnorkeling jangan khawatir, karena tempat wisata ini memiliki pemandu, yang selalu siap menjadi struktur dan mendampingi para pengunjung untuk menikmati keindahan bawah laut.




Jika masih merasa ragu, pengunjung bisa menikmati indahnya laut biru di kawasan wisata ini, dengan duduk di atas gazebo mini yang dibangun di mangrove sambil menikmati tiupan angin sepoi, atau sekedar berfoto pada beberapa spot kekinian yang disiapkan oleh pengelola, sebagai bukti telah berkunjung ke tempat ini.

"Pemandangan bawah lautnya keren, terumbu karangnya juga masih terawat dengan baik, ikan-ikannya juga masih banyak," puji salah seorang pengunjung Andy.

Surga Bawah Laut Sulawesi yang Belum Kamu TahuFoto: (Abdy Febriady/Istimewa Pengelola)


Menurut pengelola, kawasan wisata GMP ramai pengunjung pada bulan November hingga Mei. Hal tersebut dikarenakan, arus bawah laut lebih tenang sehingga pengunjung dapat leluasa bersnorkling sambil menikmati keindahan warna warni terumbu karang dan ratusan jenis ikan yang bermain di sekitarnya.

Keberadaan kawasan wisata Gonda Mangrove Park ini, berawal dari upaya sekelompok pemuda di daerah ini, yang tergabung dalam komunitas Sahabat Pesisir, untuk melakukan konservasi dan rehabilitasi lingkungan, karena terjadinya perubahan lingkungan khususnya daerah mangrove dan terumbu karang.

"Dulu marak nelayan dari luar menangkap ikan dengan melakukan pengeboman, dari situ kita mengupayakan agar bisa dikurangi dan dihilangkan, akhirnya pada tahun 2010, kita berhasil, nelayan juga mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan yang akhirnya ikut melarang dilakukannya pengeboman ikan," ungkap Ketua Sahabat Pesisir Ashari Sarmedi, kepada wartawan.

Surga Bawah Laut Sulawesi yang Belum Kamu TahuFoto: (Abdy Febriady/Istimewa Pengelola)

Memasuki tahun 2014, komunitas Sahabat Pesisir berinisiatif menyulap Pantai Gonda, menjadi kawasan wisata yang diberi nama Gonda Mangrove Park, dengan misi pemberdayaan warga setempat.

"Untuk wisatanya kami lebih pada edukasi lingkungan utamanya mangrove dan terumbu karang, jadi kita ada susur mangrove, pengenalan mangrove, kalau untuk terumbu karang kita bisa ada tranplantasi karang sama snorkeling," beber Ashari.

Sayangnya, kendati kawasan wisata Gonda Mangrove Park memiliki panorama alam indah, serta kekayaan bawah laut yang tidak dimiliki oleh daerah lain, pemerintah setempat tampaknya belum serius untuk mengembangkan daerah ini.

Hal tersebut terbukti, dengan minimnya sarana dan prasarana penunjang layaknya tempat wisata pada umumnya, seperti fasilitas MCK, listrik, akses jalan yang memadai, serta fasilitas tempat peristirahatan lainnya, agar pengunjung bisa merasa nyaman dan betah menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat ini.

Simak Video "Surga Bawah Laut Gonda Mangrove Park di Polewali Mandar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA