Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Nov 2019 19:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Begini Tempat Pipis Zaman Belanda di Stasiun Tanjung Priok

Syanti Mustika
detikTravel
Toilet pria dahulunya di Stasiun Tanjung Priuk  (Syanti Mustika/detikcom)
Toilet pria dahulunya di Stasiun Tanjung Priuk (Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta - Sejarah memang menarik dari segi apapun, salah satunya yang dimiliki Stasiun Tanjung Priok. Di stasiun peninggalan Belanda itu masih ada toilet zaman old yang bisa kita intip.

Stasiun Tanjung Priok merupakan salah satu stasiun peninggalan Belanda yang telah menjadi cagar budaya. Banyak hal menarik yang dimiliki oleh stasiun ini.

Konon, dahulunya di Stasiun Tanjung Priuk terdapat restoran, bar, dan juga lantai dansa. Juga ada bunker yang penuh misteri hingga sekarang. Dan satu yang tak kalah menarik adalah toiletnya.

detikcom pun datang ke Stasiun Tanjung Priuk dan menelusuri sejarah di dalamnya. Kami pun berkesempatan melihat toilet zaman dahulu di sana.

"Ini adalah toilet pria. Jadi dari dahulu, toilet sudah dipisah berdasarkan gendernya," ungkap Reynold Parulian Napitupulu, Assistant Manager Documentation, Education, and Promotion KAI saat menemani detikcom di Stasiun Tanjung Priok.
Urinoir pria zaman dahulu (Syanti/detikcom)Urinoir pria zaman dahulu (Syanti/detikcom)



Di dalam ruangan yang menjadi toilet laki-laki ini terlihat 3 urinoir (tempat buang air kecil untuk pria) yang berbeda dengan. Urinoir zaman old ini lebih panjang dan lubang pembuangannya sejajar dengan lantai.

Urinoir ini memanjang sekitar 1 meter dari bawah ke atas. Berbeda dengan urinoir sekarang yang memiliki ukuran lebih kecil. Juga terdapat seperti pipa berwarna kecoklatan yang berada di atas tempat pipis zaman old ini.

Namun, toilet ini tidak lagi digunakan. Ruangannya dijadikan sebagai gudang barang cleaning service.

Dahulunya, toilet telah ada di ruang tunggu kereta, baik di ruang tunggu untuk pribumi maupun kaum ningrat. Dari masing-masing ruangan terdapat 2 toilet yang dipisah berdasarkan gendernya.




Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA