Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Nov 2019 13:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Rekomendasi Wisata Unik di Surabaya

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Foto: Museum Kematian (Andrian Noor/dTraveler)
Foto: Museum Kematian (Andrian Noor/d'Traveler)
Surabaya - Surabaya punya banyak wisata unik untuk dikunjungi. Beberapa tempatnya juga punya cerita sejarah yang bisa memperluas pengetahuan kamu.

Jalan-jalan ke Kota Surabaya bisa jadi pilihan kamu buat berlibur. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam bisa kamu dapatkan di sini. Berikut rekomendasi 7 tempat wisata unik di Surabaya.

1. Gedung Balai Pemuda

Gedung Balai Pemuda ini sebelumnya adalah tempat hits bagi para Meneer (tuan) dan Mevrouw (Nyonya) pada zaman kolonial dulu. Pada masa kejayaan De Simpangsche Societeit, hanya warga berkebangsaan Belanda saja yang boleh masuk ke dalam lokasi.

Pada tahun 1970 an, gedung ini diserahterimakan kepada Pemda Surabaya dan dijadikan gedung Balai Pemuda. Kini, setelah tuntas direnovasi, bentuknya semakin cantik dan megah. Bangunan utamanya dicat putih dengan menara yang indah, masih khas seperti gedung di zaman kolonial.




Halaman sampingnya diperluas sebagai tempat pertunjukan kesenian, sementara arsitektur lama masih dipertahankan di bagian dalam gedung. Kini, para wisatawan asing bisa memanfaatkan Surabaya Information Tourist Center (SITC) untuk bertanya mengenai lokasi wisata khususnya di Surabaya dan provinsi Jawa Timur secara umum.

Kalau traveler mau ke sini, Balai Pemuda Surabaya berlokasi di Jalan Gubernur Suryo, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya.

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Balai Pemuda (Arief Kas/d'travelers)


2. House Of Sampoerna

House Of Sampoerna atau Museum Sampoerna dahulunya adalah rumah pemilik perusahaan kretek pertama di Indonesia. Terdiri dari 2 lantai, bagian bawah museum merupakan tempat koleksi pribadi dan lantai atas merupakan tempat produksi yang masih aktif.

Wisatawan bisa melihat koleksi pribadi pemilik perusahaan ini dan mengetahui bagaimana sejarah berdirinya perusahaan Sampoerna yang awalnya berupa warung kelontong hingga menjadi pabrik terkenal seperti sekarang.

Pada hari tertentu, kita bisa menyaksikan pembuatan kretek yang diakukan secara tradisional serta melihat bahan baku apa saja yang digunakan. Museum ini terletak di Krembangan Utara, Kecamatan Pabean, Surabaya.

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: House Of Sampoerna (Tri Wahyuni/d'Traveler)

3. Museum Santet

Namanya Museum Santet, tapi sebenarnya tempat ini bernama Museum Kesehatan. Berlokasi di Jalan Indrapura 17, museum ini menyimpan berbagai koleksi dari jailangkung hingga santet yang memiliki hubungan dengan dunia medis tradisional.

Buat traveler yang suka wisata horor, bisa datang ke Museum Santet ini. Tapi, selain wisata yang bikin merinding, wisatawan bisa belajar seputar dunia medis di Indonesia. Ada 3 sasana, yaitu kesehatan sejarah, kesehatan iptek dan kesehatan tradisional.




Nah, jailangkung dan santet ini ada di sasana kesehatan tradisional. Traveler bisa mengetahui bagaimana pengobatan berkembang dari zaman ke zaman sampai jenis-jenis penyakit di Indonesia. Menarik bukan?

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Museum Santet (Imam Wahyudiyanta/detikcom)


4. Museum Kematian

Selain Museum Santet, ada juga museum kematian. Terletak di kampus B Universitas Airlangga, nama lengkap museum ini yaitu Etnografi dan Pusat Kajian kematian.

Wisatawan disuguhkan berbagai replika makam sampai proses pemakaman yang ada di Indonesia. Contohnya yaitu makam Trunyan di Bali, kuburan bayi di Toraja atau makam Belanda.

Disamping mengerikan, wisatawan bisa mengetahui berbagai ritual kematian di berbagai wilayah. Apa traveler tertarik mau ke museum ini?

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Museum Kematian (Andrian Noor/d'Traveler)

5. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah yang sudah ditutup. Tempat ini lalu menjadi destinasi wisata alam setelah dimanfaatkan untuk lahan hijau dan ditanami aneka jenis bambu.

Berlokasi di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Surabaya, ada taman bunga sakura yang cantik di sini. Kamu bisa foto-foto di tempat ini karena lokasinya instagramable.

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Hutan Bambu Keputih (brigits_emilianav/d'Traveler)


6. Masjid Cheng Ho

Kali ini adalah wisata religi yang bisa traveler datangi di Surabaya. Uniknya Masjid ini memiliki arsitektur khas negeri Tirai Bambu China.
Dinamakan Masjid Cheng Ho, pembangunan masjid ini dibuat mirip seperti klenteng sebagai penghormatan sosok Laksamana Cheng Ho yang membawa misi perdamaian dan sebagai seorang muslim yang taat beribadah.




Bangunan Masjid Cheng Ho, banyak tersebar di perkotaan Indonesia, namun awal berdirinya masjid ini adalah di Surabaya pada tahun 2002. Lokasinya di pusat Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Gading No. 2, ketabang, Genteng, Surabaya.

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Masjid Cheng Ho(Indonesia Raya)

7. Jembatan Suramadu

Jembatan yang ikonik ini sangat megah ditambah dengan keindahan alam yang sangat indah. Jembatan ini membentang sepanjang 5.438 dari Surabaya menuju Madura.

Dibangun pada tahun 2003, Suramadu merupakan yang jembatan terpanjang di Indonesia. Waktu yang traveler butuhkan dari Surabaya ke Madura melalui jembatan ini hanya dalam 10 menit. Kalau mau melewati Jembatan ini, traveler harus membayar Rp 30.000 untuk mobil dan Rp 3000 untuk motor.

7 Wisata Unik di SurabayaFoto: Jembatan Suramadu (Kementerian PUPR)


Simak Video "Tok! APBD 2020 Surabaya Digenjot Rp 10,3 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA