Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Nov 2019 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kembaran Stasiun Tanjung Priok Ada di Belanda

Syanti Mustika
detikTravel
Stasiun Tanjung Priok (Syanti Mustika/detikcom)
Stasiun Tanjung Priok (Syanti Mustika/detikcom)
Jakarta - Tahukah kamu bahwa Stasiun Tanjung Priuk, atau biasa disebut dengan Stasiun Tanjung Priok, punya kembaran yang berada di Belanda? Stasiun ini memiliki kemiripan dari segi atap peron alias overkaping-nya.

Jika kita telusuri lebih dalam, banyak hal menarik dari Stasiun Tanjung Priok. Tidak sekedar cagar budaya dan sarana transportasi publik saja, tapi bangunan stasiunnya yang unik sehingga menarik untuk diamati.

Sebagai salah satu stasiun peninggalan Belanda, tentu kita bertanya-tanya, adakah stasiun yang mirip dengan Stasiun Tanjung Priok ini? Pertanyaan detikcom pun terjawab.

Atap peron di Stasiun Tanjung Priuk (Syanti/detikcom)Atap peron di Stasiun Tanjung Priok (Syanti/detikcom)

Reynold Parulian Napitupulu, Assistant Manager Documentation, Education, and Promotion KAI, memberikan jawabannya saat berbincang dengan detikcom. Dia mengungkapkan, ada stasiun di Belanda yang memiliki kemiripan dengan Stasiun Tanjung Priok.

"Kalau dari segi kemiripan overkaping atau atap peronnya, Stasiun Tanjung Priok memiliki kemiripan dengan Stasiun Central Amsterdam di Belanda," ungkap Reynold.

detikcom pun mencoba mencari tahu seperti apa Stasiun Central Amsterdam. Dari beragam info yang dikumpulkan, Stasiun Central Amsterdam merupakan stasiun paling besar di Amsterdam, Belanda.

Kembaran Stasiun Tanjung Priok Ada di BelandaStasiun Central Amsterdam. (Foto: iStock)

Stasiun ini setiap harinya melayani lebih dari 162 ribu penumpang. Jumlah ini menjadikannya sebagai stasiun nomor dua tersibuk di negaranya. Dan stasiun ini dibuka pada 15 Oktober 1889.

Sedangkan berdasarkan sejarah, Stasiun Tanjung Priok ternyata dahulunya dibangun tepat berada di atas dermaga Pelabuhan Tanjung Priok dan diresmikan pada 2 November 1885. Kemudian digusur dan dibangun untuk kedua kalinya pada tahun 1914.

 Stasiun Central Amsterdam (iStock) Stasiun Central Amsterdam (iStock)

Jika dilihat dari gambar, arsitektur bangunan Stasiun Central Amsterdam sangatlah megah. Berwarna merah bata, desainnya yang khas Eropa lengkap dengan menara jam raksasanya.

Bergeser pandangan ke desain overkaping atau atap peron yang melengkung memang ada kemiripan. Desain lengkung setengah lingkaran menjadi ciri khas dari kedua stasiun ini.







Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA