Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Des 2019 19:06 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Prasasti Peradaban Pertama Wilayah Terdepan RI Ada di Area Tambang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Area tambang granit (Foto: Tim detikcom)

Jejak telapak kaki yang besarJejak telapak kaki yang besar (Foto: Tim detikcom)

Penduduk di sekitar Situs Prasasti Pasir Panjang percaya bahwa penggambaran kaki-kaki Sang Gautama secara harfiah adalah benar. Buktinya berupa sebuah telapak kaki satunya di atas bukit dan telapak kaki satunya lagi terdapat di Sungapura.

Cerita yang beredar menyebutkan bahwa kaki Sang Buddha Gautama digambarkan berdiri dengan kaki kanan berpijak di Pulau Karium dan kaki kiri di Singapura sambil mengawasi Selat Malaka.

Di Indonesia setidaknya terdapat dua prasasti yang menggambarkan telapak kaki, yaitu Prasasti Ciaruteun dan Prasasti Pasir Panjang (Riau). Telapak kaki ini umumnya dihubungkan dengan pemujaan baik telapak kaki raja yang dianggap dewa.


Seperti telapak kaki Raja Purnawarman pada Prasasti Ciaruteun dari Kerajaan Tarumanagara maupun telapak kaki yang dianggap telapak kaki Buddha seperti yang terdapat di Pasir Panjang, Riau.

Sayangnya sampai sekarang, gambar telapak tangan dan sepasang kaki yang terdapat dalam prasasti tersebut masih belum dapat dijelaskan maknanya. Namun, dari beberapa alih aksara dan alih bahasanya dapat disimpulkan bahwa Prasasti Prasasti Pasir Panjang mengandung arti pemujaan kepada Sang Buddha melalui 'Tapak Kakinya' oleh penganut agama Buddha sekte Mahayana.

Ikuti terus berita tentang ekspedisi di pulau-pulau terdepan Indonesia di tapalbatas.detik.com!
Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(msl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA