Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Des 2019 20:00 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bengkulu dan 10 Tempat Wisata Pilihan untuk Liburan Akhir Tahun

Niken Widya Yunita
detikTravel
Bengkulu dan 10 Tempat Wisata Pilihan untuk Liburan Akhir Tahun/Foto: (My Trip My Adventure)
Jakarta - Bengkulu bisa menjadi alternatif tempat untuk mengisi liburan akhir tahun 2019. Tak hanya ada Bunga Bangkai yang melegenda, di provinsi dengan luas 19.919 kilo meter persegi itu juga memiliki aneka tempat wisata menarik lainnya.

Memang, yang terkenal dari salah satu provinsi di Pulau Sumatera ini adalah habitat Bunga Bangkai atau Rafflesia Arnoldi yang merupakan spesies bunga terbesar di dunia. Namun setidaknya 10 tempat wisata di Bengkulu ini menarik menjadi alternatif untuk mengisi liburan akhir tahun 2019:

1. Pulau Tikus

Pulau Tikus berada di sebelah barat Kota Bengkulu, luasnya hanya 60 kali 100 meter namun memiliki banyak karang, terumbu karang dan asyik aktivitas snorkeling dan memancing. Jarak Pulau Tikus kurang lebih hanya 10 mil laut dari Kota Bengkulu dan bisa ditempuh menggunakan perahu sewaan selama 40 sampai 60 menit.

Meski kecil, Pulau Tikus menyuguhkan keindahahan yang luar biasa. Bisa menjadi tempat wisata alternatif mengisi liburan akhir tahun.

2. Pantai Panjang

Sesuai namanya, Pantai Panjang memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 7 kilometer. Menjadi ikon tempat wisata di Bengkulu, Pantai Panjang memiliki pasir berwarna putih. Lazimnya pantai di pinggirnya akan berjajar barisan pohon kelapa, namun di Pantai Panjang di pinggirnya justru berderet pohon cemara yang menambah keunggulan tempat wisata ini. Dari pusat Kota Bengkulu, Pantai Panjang bisa ditempuh dalam waktu 9 menit.

3. Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Bengkulu juga punya balai konservasi gajah seperti di Way Kambas, Lampung. Namanya Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat. PPG Seblat masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang sudah dinobatkan jadi warisan dunia UNESCO.

Gajah-gajah di sana dilatih untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat. Kamu bisa melihat beragam atraksi menarik yang ditampilkan para gajah terlatih dan bercengkrama di alam bebas.

4. Rumah Pengasingan Sukarno
Bengkulu dan 10 Tempat Wisata Pilihan untuk Liburan Akhir TahunBengkulu dan 10 Tempat Wisata Pilihan untuk Liburan Akhir Tahun/Foto: Elvan Dany S

Presiden Sukarno diasingkan di rumah Pengasingan di Bengkulu pada 1938-1942. Di sini ada ontel kesayangan Sukarno, koleksi buku, dan surat cinta Bung Karno untuk Fatmawati.

5. Fort Marlborough

Tempat wisata di Bengkulu berikutnya yakni Benteng Marlborough. Benteng Marlborough adalah salah satu peninggalan para penjajah Inggris yang sempat mendiami wilayah Bengkulu. Benteng ini merupakan benteng kedua terkuat di wilayah timur Asia Tenggara.

Benteng ini menjadi spot favorit foto anak muda Bengkulu karena tempatnya yang vintage dan instagramable.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA