Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jan 2020 12:01 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Labuan Bajo yang Bikin Penasaran

Kris Fathoni W
detikTravel
Pantai Pink Pulau Padar di Labuan Bajo. (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Jakarta - Sudah pernah ke Labuan Bajo belum? Yang sudah pernah ke sana niscaya pulang dengan segudang cerita, sedangkan yang belum boleh jadi bakal penasaran dengan daya tariknya. Labuan Bajo memang senantiasa bikin penasaran.

Labuan Bajo yang bikin penasaran ini bukanlah asumsi semata. Faktanya dalam data "2019 Year in Search Indonesia" dari Google, pencarian mengenai "Labuan Bajo" mencatatkan pertumbuhan 1,6 kali lipat sepanjang tahun lalu.

Baca juga: Labuan Bajo Banyak Dicari Traveler Indonesia Tahun Ini

Ini tentu tak lepas dari beragam daya tarik wisata dari Labuan Bajo sebagai ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Yang pertama tentu adalah keberadaan Komodo. Takkan lengkap datang ke Labuan Bajo jika tidak mampir menyambangi habitat para reptil purbakala ini, salah satunya di Pulau Rinca.

Memiliki jarak yang lebih dekat dari Labuan Bajo, Pulau Rinca juga memiliki titik tertinggi yaitu gunung dengan ketinggian 670 mdpl. Jadi, saat berkunjung di sini Anda kamu juga bisa melihat sekeliling Flores yang indah dari ketinggian.

Baca juga: 6 Objek Wisata Favorit di Labuan Bajo

Selain itu, Google juga menyebut bahwa meningkatnya pencarian seputar "Labuan Bajo" pada tahun lalu adalah karena Pulau Padar dan Pantai Pink. Ya, Pulan Padar yang ikonik ini memang jadi tempat wisata yang asyik.

Di Pulau Padar, kamu bisa menjelajahi keindahannya dan trekking sampai puncak bukitnya. Setelah itu, bakal asyik banget untuk leyeh-leyeh seraya menikmati keindahan Pantai Pink yang pasir pantainya tampak unyu-unyu merah jambu.

Baca juga: Tahun Baruan di Labuan Bajo, Ini Itinerary 3 Hari 2 Malam di Sana

Itu baru segelintir dari aneka daya tarik yang dimiliki oleh Labuan Bajo. Tak heran jika sejak beberapa tahun terakhir, sejumlah selebritas dunia dari berbagai latar belakang pun tak mau ketinggalan menikmati pesonanya. Sebut saja aktris Hollywood Gwyneth Paltrow, bintang MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, atau bintang sepakbola Arjen Robben dan Marcos Llorente.

Nah, di tahun 2019 lalu, rasa penasaran terhadap Labuan Bajo di antaranya juga muncul seiring munculnya wacana isu penutupan Pulau Komodo yang sempat bergulir. Hal ini bahkan turut jadi bahasan media internasional.

Baca juga: Isu Penutupan Pulau Komodo Sampai Diulas Media Inggris

Pada prosesnya, Pulau Komodo memang tidak jadi ditutup. Yang akan terjadi terhadapnya lebih kepada penataan. Seiring hal tersebut ketahuan pula bahwa Labuan Bajo, tentu saja termasuk Pulau Komodo, akan dikemas sebagai tempat wisata super premium.

[Gambas:Instagram]


Hal itu sudah ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kemudian dipaparkan pula oleh Menparekraf Wishnutama. Ini berkaitan erat dengan upaya fokus pada kualitas tempat wisata (quality tourism) dan bukan lagi soal jumlah wisatawannya.

Baca juga: Wishnutama Tegaskan Labuan Bajo Jadi Wisata Super Premium

Nah, yang bikin penasaran saat ini adalah bagaimana konkretnya pengemasan Labuan Bajo sebagai wisata super premium. Apalagi warga lokal, yang ikut mengandalkan perekonomiannya dari tempat wisata itu, mengaku risau dengan potensi terusiknya periuk nasi mereka.

Jadi, sekali lagi, Labuan Bajo kembali bikin penasaran. Tidak hanya seputar daya tarik dan potensi wisatanya yang luar biasa, tapi juga mengenai masa depannya sebagai tempat wisata super premium. Kamu sendiri sudah ke sana belum?

Baca juga: Bandara Dikelola Changi, Bukti Labuan Bajo Super Premium




Simak Video "Destinasi Favorit yang Akan Jadi Super Prioritas"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA