Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jan 2020 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan di Monas, Ini Hutan Kota yang Tak Kalah Keren di Jakarta

Putu Intan
detikTravel
Arboretum KLHK
Arboretum Lukito Daryadi merupakan hutan kota yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
Jakarta -

Jelang weekend memang paling asyik pergi ke taman untuk lihat yang hijau-hijau. Main ke Monas cocok nih untuk melepas penat tapi sayangnya sisi selatan Monas lagi gundul, kena proyek revitalisasi. Lalu, kita harus ke mana? Ada lho hutan kota yang tak kalah asyik.

Tenang, di Jabodetabek ini masih banyak tempat lain buat traveler yang butuh penyegaran. Salah satunya Hutan Kota Arboretum Ir. Lukito Daryadi M.Sc atau yang lebih akrab disebut Arboretum saja.

Arboretum ini letaknya ada di kawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senayan, Jakarta Pusat. Berada di tengah ibu kota, hutan ini seolah menjadi oase bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang haus akan kesejukan namun tak ingin pergi jauh sampai ke luar kota.

Di hutan kota ini tumbuh kurang lebih 110 tanaman.Di hutan kota ini tumbuh kurang lebih 110 tanaman. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

Di hutan seluas sekitar 4 hektar ini, tumbuh ratusan pohon dari 52 jenis spesies baik endemik Indonesia maupun khas negara lain, seperti mahoni afrika sampai sawo manila. Setiap pohon di sana juga dilengkapi dengan barcode sehingga traveler yang ingin tahu mengenai profil tanaman itu bisa memindai barcode dan membaca informasi selengkapnya.

Pepohonan yang tumbuh di Arboretum juga bermanfaat untuk menyerap gas karbondioksida (CO2) dari polusi dan memproduksi oksigen yang baik untuk mahkluk hidup. Maka tak heran, pengunjung betah di sana karena bisa menghirup udara segar.

Kawasan Arboretum ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yaitu jalan setapak, tempat duduk, dan tempat sampah. Arboretum ini menerapkan zero plastic, jadi traveler diimbau tidak membawa botol atau makanan berbungkus plastik. Selain itu, traveler juga harus menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan.

Pengunjung bisa duduk-duduk sembari menikmati hidangan dari kafe yang ada di sana.Pengunjung bisa duduk-duduk sembari menikmati hidangan dari kafe yang ada di sana. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)

Nah, primadona dari Arboretum adalah Kafe Arborea yang letaknya di tengah hutan kota tersebut. Traveler yang ingin makan, minum, atau nongkrong, bisa berkunjung ke kafe ini.

Kafe Arborea dilengkapi dengan fasilitas WiFi dan stop kontak yang juga cocok untuk pengunjung yang ingin belajar atau bekerja. Siapkan budget minimal Rp 20 ribu jika ingin menikmati aneka menu nusantara dan mancanegara di sana.

Agar lebih nyaman saat berada di Arboretum, sebaiknya traveler membawa lotion anti nyamuk atau mengenakan baju dan celana panjang untuk menghindari gigitan nyamuk hutan.

Hutan kota ini buka setiap hari dan bebas biaya alias gratis untuk pengunjung. Untuk menuju ke sini, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi lalu parkir di area KLHK. Bagi pengguna KRL, stasiun terdekat dari kawasan ini adalah Stasiun Palmerah sedangkan halte busway terdekat adala Slipi Petamburan.



Simak Video "Strategi None Jakarta Promosikan Wisata saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/krs)

FOKUS BERITA

Hutan Kota Cantik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA