Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jan 2020 10:18 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Hijau-hijau di Jakarta

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Hutan kota ini bernama Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.Sc
Hutan kota ini bernama Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.Sc
detikTravel Community - Siapa bilang Kota Jakarta tak punya tempat yang rindang dan sejuk? Datang saja ke Arboretum. Hutan kota ini berada di kawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Saat musim liburan tiba, kamu bisa menikmati kesejukan wisata di tengah hutan yang sejuk dan rindang, tanpa harus mengeluarkan budget yang besar untuk keluar kota.

Datang saja ke kantor pusat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berlokasi di kawasan Senayan, di halaman depannya terdapat hamparan pepohonan rindang, atau yang lebih dikenal sebagai Arboretum Ir. Lukito Daryadi, M.Sc.

Arboretum atau yang dulu bernama Taman Hutan Persahabatan dibangun pada tahun 1978. Di kawasan seluas 4 hektar i ni, kita bisa menjumpai lebih kurang 111 pohon yang terdiri dari 52 spesies yang berbeda.

Koleksi pohon yang bisa kita temukan disini terdiri dari aneka macam pohon buah, tanaman obat, aneka jenis pohon dan tanaman langka, sampai pohon berukuran besar seperti jati dan meranti.

Tempat ini terdiri dari beberapa bagian yang meliputi, lapangan rumput dengan monumen kalpataru berukuran besar, danau dan pulau buatan serta arboretum atau kawasan hutan kota itu sendiri. Selain itu di tengah hutan, terdapat cafe kekinian bernama Arbotrea Cafe yang selalu ramai didatangi pengunjung untuk bersantai.

Jika beruntung, kamu juga bisa menjumpai burung-burung dan tupai yang bermain di sekitar pepohonan, tidak heran beberapa komunitas fotografi juga menjadikan kawasan ini sebagai tempat untuk hunting foto.

Untuk menikmati arboretum ini tidak dikenakan biaya lho traveler, akses dengan kendaraan umum pun cukup mudah, karena tepat di depannya terdapat stasiun KRL Palmerah. Tapi ingat, tetap menjaga kebersihan selama berada di kawasan ini ya.

 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA