Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Feb 2020 20:08 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Fakta Unik Kafe Ala Puncak yang Ada di Hutan Kota Jakarta

Putu Intan Raka Cinti
detikTravel
Arborea Cafe
Arborea Cafe didesain lansung oleh Menteri LHK dan dibangun untuk mendukung Asian Games 2018. (Foto: Putu Intan Raka Cinti)
Jakarta -

Arborea Cafe yang terletak di tengah Hutan Kota Arboretum Jakarta menyimpan sejumlah fakta unik, mulai dari desain sampai tujuan pendiriannya.

Di balik konsep kafe di tengah hutan, Arborea Cafe punya fakta unik lainnya yang jarang orang ketahui. Salah satunya mengenai desain kafe yang langsung dibuat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Bentuk bangunan kafe itu terinspirasi dari tumpukan kayu di hutan. Hal ini diceritakan Wakil Ketua Koperasi Karyawan KLHK (KOPKARHUTAN), Agung Widio Saptono.

"Beliau (Menteri LHK) lihat di hutan kalau numpuk kayu ada yang maju, ada yang mundur. Jadi dari situ mungkin ya beliau punya ide coba dibuat seperti itu. Beliau terlibat langsung yang mendesain itu,"ujar Agung ketika ditemui detikcom pada Rabu (29/1/2020).

Agung juga bercerita bahwa ide membangun kafe ini juga tercetus langsung dari Menteri LHK. Kafe ini dibangun guna mendukung perhelatan Asian Games 2018 lalu.

"Kita bikin brosur, kita sampaikan ke panitia Asian Games bahwa di sini ada kafe. Kenapa kok diinformasikan? Karena ada Arboretum yang di sini dulu ada delegasi negara-negara yang menanam pohon, tanaman langka. Harapannya peserta Asian Games lihat ke sini, ada pohon yang ditanam pimpinan negara dan delegasinya dulu," cerita Agung.

Fakta Unik Kafe Ala Puncak yang Ada di Hutan Kota JakartaFoto: Putu Intan Raka Cinti

Pada saat itu, Agung mengatakan ada beberapa atlet Asian Games yang berkunjung ke kafe tersebut. Lokasinya yang unik di tengah hutan dan dekat dari kawasan Senayan, membuat tempat ini digandrungi atlet berbagai negara untuk beristirahat.

"Waktu itu atlet dari Pakistan ke sini, mereka juga main bulutangkis di sekitar sini," katanya.

Dari penuturan Agung, proses pembangunan kafe saat itu memang dikebut dan harus selesai sebelum Asian Games dimulai. Kala itu yang mengelola kafe ini adalah Ciputra sebagai mitra KLHK. Setelah tiga bulan beroperasi, pada November 2018, manajemen kafe diambil alih KOPKARHUTAN sedangkan bangunannya menjadi aset negara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngopi di Tengah Suasana Hutan di Arborea Cafe"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA