Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 23 Feb 2020 20:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saluran Irigasi Jadi Spot River Tubing Ala Sumedang

Muhamad Rizal
detikTravel
River Tubing di Irigasi Sumedang
River tubing saluran irigasi di Sumedang (Foto: Muhamad Rizal/detikcom)
Sumedang -

Sumedang punya spot baru yang terbilang asyik. Anak-anak di sana bersuka cita di saluran irigasi sebagai ganti river tubing.

Lokasi river tubing ini ada di Dusun Babakan Caringin, Desa Cipanas, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Belum lama ini, warga desa Cipanas, memanfaatkan saluran irigasi dari Sungai Cikandung menjadi wahana bermain anak yang menarik.

Melalui Karang Taruna, Desa Cipanas mengubah aliran irigasi menjadi sebuah kegiatan seluncur bebas menggunakan ban dalam atau river tubing. Adanya wahana ini, membuat antusias anak jadi sangat tinggi, ditambah dengan adanya dukungan para orang tua agar anak-anak lebih memilih bermain di lingkungan rumah.

Keceriaan anak-anak terlihat ketika mereka berseluncur river tubing dengan menyusuri aliran irigasi sungai yang jaraknya kurang lebih 100 meter. Dilihat dari aliran airnya pun tidak begitu berbahaya karena aliran tak terlalu dalaman. Anak-anak dapat dengan bebas berlarian di aliran air ini.

Untuk dapat bermain seluncur, anak-anak dikenakan biaya Rp 2.000 rupiah untuk sewa ban. Biaya tersebut nantinya digunakan untuk pengelolaan wahana yang akan terus di kembangkan di Desa Cipanas.

Saluran Irigasi Jadi Spot River Tubing Ala SumedangRiver tubing saluran irigasi di Sumedang (Muhamad Rizal/detikcom)

Sekretaris Karang Taruna Ambara, Ika Rismawati, mengatakan pembangun kawasan itu dilakukan bersama dan menjadi sebuah wahana yang menarik bagi anak-anak. Awalnya warga mencoba perlahan-lahan membersihkan sisi sungai dan menatanya dengan tembok. Sebab, Ika dan warga menilai keberadaan sungai itu memiliki potensi yang menarik bagi anak-anak.

"Motivasinya agar anak-anak senang, biar anak-anak ada kegiatan sepulang sekolah dan mengaji dan agar menjauhkan anak-anak dari ponsel," kata Ika kepada detikcom.

Keceriaan dan tawa lepas saat anak-anak merasakan wahana river tubing ini. Sederhana tapi mengasyikkan ya!



Simak Video "Dibuka Kembali, Alun-alun Sumedang Buat Jadwal Operasional Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA